Kaba Terkini

Hasil Pemeriksaan Keuangan Cerminan Predikat WTP

Jakarta, KABA12.com — Meskipun salah satu oknum dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi terlibat penyuapan dengan oknum BPK.

Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) memberikan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP).

Anggota BPK Agung Firman Sampurna menjelaskan, pemeriksaan laporan keuangan tersebut bukan ditujukan untuk menilai tingkat efisiensi penggunaan sumber daya maupun sumber dana dari entitas yang diperiksa.

“Dengan demikian maka laporan keuangan belum menjadi suatu ukuran kinerja atas pengelolaan keuangan negara,” tuturnya di Auditorium Pusdiklat BPK, Jakarta, seperti dikutip Detik.com, Senin (29/05).

Selain itu, pemeriksaan laporan keuangan oleh BPK juga bukan ditujukan khusus untuk mengungkapkan ketidakpatuhan, kecurangan dan ketidak patutan seperti lembaga penegak hukum. Namun Firman menegaskan jika ditemukan hal seperti itu, BPK wajib mengungkapkannya.

“Jadi apabila ditemukan temuan seperti itu, baik yang mempengaruhi ataupun tidak mempengaruhi pada penyajian, BPK wajib mengungkapkannya atas laporan keuangan itu,” imbuhnya.

Atas dasar itu, opini maupun predikat yang diberikan oleh BPK menjadi sangat penting bagi citra KL. Hasil pemeriksaan juga bisa menjadi cerminan dari laporan keuangan KL.

(Dany)

To Top