Kaba Terkini

Harimau Mengamuk di Palupuah, Kerbau Warga Dimamah Hingga Tewas

Palupuah,kaba12 — Konflik hewan liar kembali terjadi di wilayah Kabupaten Agam. Setelah sebelumnya beberapa waktu lalu di Palembayan, Kamis, (18/4) subuh 1 ekor kerbau milik Armen Juman, warga Jorong Dalam Pasia, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, tewas diterkam harimau.

Kejadian itu baru diketahui pemilik ternak kerbau itu Kamis pagi, setelah melihat kerbau miliknya tergeletak sudah tak bernyawa di kebun lokasi tempat terpautnya hewan tersebut, dengan kondisi mengenaskan.

Bagian pundak kerbau terluka dengan robek besar, termasuk di bagian leher ternak tersebut. di sekitar lokasi banyak ditemukan jejak kaki hewan buas tersebut. Kasus ini sudah dilaporkan pemilik ternak pemerintah nagari dan camat Palupuah termasuk pada BKSDA Agam.

Kejadian mengenaskan itu dibenarkan Camat Palupuah Nong Rianto Dt.Maruhun waktu dikonfirmasi kaba12 Kamis, (18/4).

Dijelaskan, kerbau milik Armen Juman itu diketahui warga mati Kamis pagi, saat pemiliknya akan melihat ternaknya yang sengaja ditambatkan di ladang yang cukup lapang. Sampai di lokasi, pemilik ternak mengaku kaget dan ketakutan karena kondisinya kerbau yang sudah tersungkur bersimbah darah dengan luka besar menganga di bagian pundak dan luka cakaran di bebarap bagian tubuh lainnya.

“ Kita sudah laporkan kejadian itu pada BKSDA Agam dan diharapkan bisa segera ditindaklanjuti, agar konflik hewan liar tersebut tidak berlanjut, “ sebut Nong Rianto Dt.Maruhun.

Camat Palupuah itu juga menghimbau warga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga hewan ternak, termasuk memasukkannya ke kandang jika malam hari, mengingat konflik hewan liar harimau di wilayah kabupaten Agam beberapa belakangan sudah sering terjadi, “ kita harus lebih waspada, “ sebutnya.

(HARMEN)

To Top