Kaba Pemko Bukittinggi

GOW Bukittinggi Gelar Sosialisasi Cegah Low Back Pain

Bukittinggi, KABA12.com — Gabungan Organsiasi Wanita (GOW) Kota Bukittinggi menggelar sosialisasi bertemakan “Cegah Low Back Pain dengan Hidup Sehat dan Mandiri”. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bukittinggi di Hall Badan Keuangan Jalan Sudirman Bukittinggi, Senin (29/707).

Sosialisasi yang menghadirkan nara sumber Dr.Ruhaya Fitrina, Sp.S spesialis syaraf dari RSUP Bukittinggi ini, diikuti lebih kurang oleh 250 orang anggota dan pengurus GOW serta undangan lainnya.

Ny. Khadijah Irwandi, selaku ketua GOW kota Bukittinggi, menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia anggota dan pengurus organisasi wanita di Bukittinggi, bagaimana hidup sehat, dan sejahtera. Disamping itu untuk meningkatkan peran serta wanita dalam pembangunan untuk mewujudkan masyarakat sehat dan juga dalam rangka mendukung visi dan misi kota Bukittinggi.

“Kegiatan ini salah satu program kerja GOW tahun 2019. Sengaja diambil tema untuk pencegahan low back pain ini, karena rata – rata umur daripada anggota dan pengurus GOW sudah mencapai 50 tahun dan nyeri tulang belakang secara umum sangat berdampak pada usia 50 tahun keatas, hal tersebut kalau tidak dicegah dari dini akan berlanjut lebih parah lagi,” sebutnya.

Kemudian Khadijah juga menyampaikan, tema ini diangkat guna mencegah terjadinya kerusakan fisik di masyarakat untuk menuju kehidupan yang sehat dan sejahtera, untuk itu agar lebih awal menjaga, karena masa muda akan berdampak pada masa tua.

Sementara itu, Wakil Walikota Bukittingi, Irwandi, mengapresiasi digelarnya sosialisasi ini dan melihat kehadiran serta antusias para anggota GOW untuk mengikuti apapun kegiatan dikota ini mulai dari kegiatan PKK, Dharmawanita, Bundo Kanduang dan juga kegiatan yang diadakan oleh PWK selalu ramai dan diikuti dengan serius.

“Apapun kegiatan yang dilakukan, kami merasakan sekali dukungan dari berbagai organisasi yang ada terhadap kegiatan pemerintah kota. Kegiatan ini sangat kita dukung apalagi masalah kesehatan, ini sangat penting sekali mengingat usia diatas 50 tahun banyak penyakit yang ada. Kita ingin selalu hidup sehat, jangan sampai kehidupan kita nantinya akan menjadi beban bagi anak, bagi keluarga. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan itu dengan baik, apalagi masalah low back pain, tulang belakang, jadi bagaimana upaya – upaya preventif dan kuratif nantinya dilakukan,” ungkap Irwandi.

Wawako berharap kepada peserta, ilmu yang didapat nantinya juga disosialisasikan kepada anggota yang lain. Masalah kesehatan bukan hanya masalah perempuan tetapi juga laki – laki dan mudah-mudahan dalam waktu yang berbeda ada lagi sosialisasi yang dilakukan, “apalagi kita di Bukittinggi dengan adanya sekolah keluarga dengan 8 fungsi keluarga itu betul – betul bermanfaat, dirasakan dampakanya yang luar biasa oleh masyarakat,” ujarnya.

Kepada peserta Irwandi juga berpesan agar bertanya sepuas – puasnya kepada nara sumber apa yang menyangkut dengan tulang belakang dan juga yang lain menyangkut syaraf agar nantinya forum ini akan berkembang sehingga sebagai peserta ilmu bertambah.
(Ophik)

To Top