Kaba Terkini

Fraksi di DPRD Bukittinggi Berikan Pemandangan Umum Terkait R-APBD 2022 dan Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah

Bukittinggi, KABA12.com — Enam fraksi di DPRD Bukittinggi sampaikan pemandangan umum terhadap ranperda R-APBD 2022 dan ranperda Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah.

Pemandangan umum itu disampaikan secara resmi dalam rapat paripurna, di gedung DPRD Bukittinggi, Selasa (02/11).

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, menjelaskan, Senin kemarin 1 November 2021, Walikota Bukittinggi atas Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bukittinggi Tahun Anggaran 2022 dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah.

“Maka hari ini dilanjutkan dengan mendengarkan Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap kedua ranperda tersebut,” ungkap Beny.

Pemandangan Fraksi Demokrat dibacakan oleh Erdison Nimli, A.Md, Fraksi PAN oleh Hj. Noni, S.Sos, Fraksi Nasdem PKB oleh Zulhamdi Nova Candra IB, A.Md, Fraksi Gerindra oleh Shabirin Rahmat, Fraksi PKS oleh Ibra Yasser. Sedangkan Fraksi Karya Pembangunan dibacakan oleh H. Irman.

Secara garis besar, seluruh fraksi menyetujui kedua ranperda ini untuk dilakukan pembahasan secara mendalam. Namun, memang ada beberapa catatan dan pertanyaan dari setiap fraksi yang pada umumnya, tentang upaya peningkatan PAD, kemungkinan akan dilakukan rasionalisasi dan kebijakan pemulihan dampak covid, serta upaya menyeimbangkan kondisi defisit sebesar Rp 184 milyar lebih.

Selain itu, juga disampaikan pertanyaan tentang strategi yang tepat guna atas pengadaan, pengelolaan dan penyaluran cadangan pangan ini, agar realisasinya berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Menurut jadwal, pemandangan umum fraksi ini, akan dijawab oleh walikota dalam rapat paripurna selanjutnya, pada hari Rabu 3 November 2021.

(Ophik)

To Top