Kaba Terkini

Erupsi Marapi, Kolom Abu Capai 500 M, Bambang : Warga Tidak Boleh Mendekat

Foto : dok. PVBMG

Lubukbasung, kaba12.com — Erupsi Gunungapi Marapi kembali terjadi Rabu,(11/1) sekitar pukul 09.41 WIb dengan kolom abu mencapai ketinggian sekitar 500 meter diatas puncak atau sekitar 3.391 meter di atas permukaan laut.

Data yang diperoleh kaba12.com dari pos pemantauan Gunungapi Marapi melalui BPBD Agam, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong kearah Utara dan Timut Laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 13.2 mm dan durasi sekitar 31 detik.

Saat ini, status Gunungapi Marapi berada pada Level II (waspada), tidak masyarakat di sekitar Gunungapi Marapi, tidak boleh mendekat pada radius 3 KM dari kawah atau puncak, yang diawasi secara ketat oleh petugas gabungan yang bersiaga di kawasan itu.

Menyikapi hal itu, Bambang Warsito, kepala BPBD Agam usai apel pasukan TRC BPBD Agam Rabu,(11/1) menyebutkan, pihaknya bersama beberapa personil akan bergerak ke kawasan Marapi bergabung berama tim PVMBG, BKSDA dan unsur lain untuk ikut mengawasi aktivitas warga di wilayah tersebut.

Disebutkan Bambang Warsito, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan unsur terkait di 5 kecamatan yang mencakup 30 nagari yang berada di kawasan kaki Gunungapi Marapi, untuk berperan optimal dalam pengawasan terhadap aktivitas warga mengantisipasi berbagai kemungkinan.

“ Kita mendorong seluruh elemen terkait untuk membantu mengawasi, agar warga, pengunjung dan wisatawan untuk tidak naik ke Gunungapi Marapi, pasca aktiivtas erupsi yang semakin tinggi dalam beberapa hari terakhir, “ sebut Bambang Warsito.

Disebutkan, hingga saat ini status Level II (Waspada) Gunungapi Marapi masih diberlakukan, bahkan bupati Agam sudah mengeluarkan himbauan pada masyarakat, yang diharapkan dengan peran seluruh unsur, himbauan tersebut bisa dipahami dan ditaati seluruh warga untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

HARMEN

To Top