Kaba Terkini

13 Nagari Persiapan Tahap II Dalam Proses, Asril : Peta Batas Tunggu Klarifikasi BIG

Lubukbasung, kaba12.com — Tertundanya pengesahan dan kode desa untuk 13 Nagari Persiapan tahap II yang diajukan Pemkab.Agam masih dalam prosess pembahasan. Saat ini, unsur terkait masih menunggu klarifikasi dari Badan Informasi Geospasial ( BIG) Indonesia.

Klarifikasi yang diharapkan, terutama terkait dengan perbaikan peta tapal batas nagari yang masih terkendal beberapa waktu lalu, dimana Pemkab.Agam sudah mengajukan perbaikan pada pemerintah pusat melalui BIG.

“ Untuk tapal batas sudah 90 persen selesai. Perbaikan sudah dikirimkan ke BIG, kita masih menunggu klarifikasi dari BIG, “ sebut Drs.Asril, kepala DPMN Agam menjawab kaba12.com.

Disebutkan, proses pengesahan dan penetapan kode desa tahap II, diakuinya masih belum final karena terkait dengan masalah peta tapal batas yang belum final, karena peta tapal batas menjadi salah satu persyaratan administrasi yang sangat penting menjadi dasar penetapan nagari baru tersebut.

Ditambahkan Asril, saat ini pihaknya masih menunggu klarifikasi terkait perbaikan daya yapal batas yang sudah diajukan sebelumnya, “ mudah-mudahan segera ditindaklanjuti, “ ulasnya.

Saat ini, 13 Nagari Persiapan tahap II yang berkasnya sudah diusulkan sejak Oktober tahun 2022 masih belum ada keputusan dan kejelasan resmi, sementara masyarakat dari 13 nagari yang tersebar di 3 kecamatan masing-masing kecamatan Tilatang Kamang 7 nagari persiapan, kecamatan Lubukbasung 5 nagari persiapan dan kecamatan Palembayan 1 nagari persiapan, sudah semakin resah karena sudah sejak lama mendambahkan pemekaran nagari.

HARMEN

To Top