Kaba Terkini

DPRD Agam Prihatin Musibah Danau Maninjau

Maninjau, KABA12.com — Musibah kematian ikan di danau Maninjau satu pekan terakhir mengundang keprihaginan banyak pihak, termasuk anggota DPRD  Agam.

Seperti Ketua Komisi IV DPRD Agam Irfan Amran dari dapil Maninjau,  pada KABA12.com, Selasa (05/12) yang prihatin atas musibah yang dihadapi masyarakat di  salingka danau.

Ia berharap masyarakat dapat dengan bijak menyikapi musibah ini, karena sudah dari tahun sebelumnya kondisi danau Maninjau tidak memungkinkan untuk budidaya ikan,  ditambah cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari belakangan.

“Kita berharap masyarakat bijak menyikapi hal yang terjadi, yang jelas kami ikut prihatin. Karena ini termasuk ekonomi produktif dan alternatif bagi masyarakat Manijau, pandai-pandailah menyikapi iklim karena ini tergantung kondisi danau, kalau cuaca tidak bagus warga harus waspada ,” ujarnya.

Politisi Partai Amanat Nasional itu itu juga meinta masyarakat untuk mengikuti ajakan pemerintah, agar mengurangi jumlah keramba jaring apung (KJA) atau untuk berhenti dulu sementara hingga kondisi danau stabil.

“Kita minta masyarakat juga bijak menyikapi kondisi danau, ikuti ajakan pemrintah untuk mengurangi aktifitas  budidaya ikan hingga danau kembali normal dan stabil, himbauan pemerintah itu sudah melalui analisis kajian ilmiah terhadap kondisi danau. Jangan ikuti hawa nafsu untu terus berbisnis, mari kita cari alternatif usaha lain,” ajak Irfan Amran.

Baca Juga : 100 Ton Lebih Ikan Danau Maninjau Mati Akibat Kekurangan Oksigen

Tidak hanya itu, Irfan Amran juga meminta pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan sosialisasi Peraturan Bupati Agam Nomor 5 tahun 2014 tentang pengelolaan dan pelestarian Danau Maninjau kepada masyarakat terutama pelaku bisnis KJA.

“Sosialisasi kepada pelau bisnis budidaya ikan belum maksimal intensitasnya, kita berharap sosialisasi itu benar-benar sampai ke pelaku bisnisnya,” sebut Irfan Amran.

Ketua Komisi IV DPRD Agam Irfan Amran berharap komitmen bersama untuk menyelesaikan persoalan ini. Kearifan masyarakat sangat diperlukan seiring dengan langkah konkrit yang sudah dimulai pemerintah untuk menyelamatkan danau Maninjau.

(Jaswit)

To Top