Kaba Terkini

DPM PTSP Naker Agam Bekali 30 Peserta Magang ke Jepang

Lubukbasung, KABA12.com — Sebanyak 30 orang putra putri Kabupaten Agam mengikuti pembekalan untuk magang ke negara matahari terbit (Jepang) yang akan bergerak di sektor teknik dan perawat lansia.

Pembekalan dipusatkan di UPT BLK Agam yang berada di Sungaijariang Kecamatan Lubukbasung selama lima hari, mulai Senin hingga Jumat (22-26/07).

Kepala DPM PTSP Naker Agam melalui Kasi Peningkatan Produktifitas Tenaga Kerja, Kusma Betty mengatakan program ini satu terobosan menanggulangi pengangguran, dengan harapan dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera, khususnya di Agam.

“30 orang peserta yang sekarang ini, mereka akan kita berikan pembekalan untuk menghadapi seleksi nasional dibulan April 2020 nanti,” katanya.

Selama lima hari kedepan, para peserta akan diberi pembekalan berupa bahasa jepang, matematika, serta latihan fisik kesemaptaan oleh instruktur dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Yaruki Language Padang.

“Untuk instruktur kita menjalin kerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja yang bergerak dibidang pelatihan magang ke Jepang, LPK Yaruki Language Padang,” ulasnya.

Kusma Betty menambahkan, di Agam alumni magang ke Jepang sudah banyak yang berhasil dan buka usaha sendiri seperti, peternakan, pembibitan pertanian dan lainnya.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa pada tahun 2019 ini Agam telah memberangkatkan 10 tenaga kerja ke Jepang pada Februari lalu, dan lima orang pada tahun 2018.
(Jaswit)

To Top