Kaba Bukittinggi

DP3APPKB Bukittinggi Maksimalkan Kesatuan Gerak PKK KB Kes- KKBPK

Bukittinggi, KABA12.com — Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Punduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Bukittinggi terus berupaya meningkatkan kualitas keluarga dan ketahanan keluarga melalui Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Program itu juga disinergikan dengan program Kesatuan Gerak PKK KB Kes.

Kabid Pengendalian Penduduk, Advokasi dan Informasi DP3APPKB Bukittinggi, Bedri, SH, menjelaskan, pelaksanaan kesatuan gerak PKK KB Kes 2019 dilaksanakan selama 6 bulan. Lokasi kegiatan Program KKBPK dilaksanakan di kelurahan yang memiliki kampung KB.

“PPM (Perkiraan Permintaan Masyarakat) selama 6 bulan, kita targetkan sebanyak 1759 Akseptor. Kita berharap, target ini dapat dicapai sampai akhir Desember 2019 ini 100 %. Dari 6 kampung KB, baru 3 kamlung KB yang telah memiliki RumahDataKu, yaitu Kayu Kubu, ATTS dan Kuriman. Kami berharap 3 kampung KB lainnya, akan dapat memiliki rumah dataku,” jelasnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatnya cakupan pelayanan yang merata, upaya kesehatan lingkungan dirumah dan pemukiman yang bersih, sehat dan berkualitas dalam program PKK, KKBPK dan Kesehatan.

Selain itu, kegiatan kesatuan Gerak PKK KB Kes dan KKBPK ini bertujuan untuk meningkatkan Kemitraan PKK, BKKBN, Kementerian Kesehatan, Kemendagri, Ormas, LSM, Swasta & dunia usaha. Meningkatkan jumlah kelompok Dasawisma. Meningkatkan kualitas dan kuantitas Posyandu. Meningkatkan pembinaan Pokjanal /Pokja Posyandu. Meningkatkan jumlah kader yang terampil.

“Kita juga berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah rumah tangga ber PHBS di kab/kota. Meningkatkan jumlah peserta KB baru dan Peserta KB aktif. Meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan kesehatan dan program KKBPK. Meningkatkan kualitas pemberdayaan dan ketahanan keluarga melalui kegiatan Bina Keluarga,” paparnya.

Selain itu, juga diharapkan, peran kelembagaan dan 10 Program Pokok PKK, khususnya di bidang KB dan Kesehatan semakin maksimal dan meningkatkan peran Syerta masyarakat dan lintas sektor dalam revitalisasi Posyandu dan Program KKBPK- Kesehatan lainnya.

Sementara, untuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dilaksanakan agar terlaksananya upaya kesehatan lingkungan di rumah dan pemukiman. Meningkatkan kualitas yang sehat melalui pencapaian standar baku mutu kesehatan lingkungan dan prasyarat kesehatan pada media lingkungan yang meliputi air, udara, tanah dan pangan.

“Nantinya, akan dilaksanakan lomba pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK- KKBKP-Kesehatan, Pelaksana Terbaik PHBS di rumah tangga, lingkungan bersih dan Sehat (LBS) serta Pelaksana Terbaik Posyandu, mulai dari tingkat desa,” tutupnya.

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB KES Tingkat Kota Bukittinggi dilaksanakan Juli hingga Desember 2019, untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan, Program PKK, Program KKBPK dan Program Kesehatan.

(Ophik)

To Top