Kaba Terkini

Dinkes Agam Gelar Sosialisasi Derap Covid-19, H.Hendri Rusdian : Pelopor Perubahan Perilaku

Matur, kaba12.com — Dinas Kesehatan Agam gelar pertemuan dan sosialisasi kaDER tanggAP (Derap Covid-19) di Hotel Nuansa Maninjau, Ambun Pagi, Matur, (2/9).

Sosialisasi yang dibuka dr.H.Hendri Rusdian,M,Kes, Kepala Dinas Kesehatan Agam itu dihadiri 48 peserta utusan 16 kecamatan di kabupaten Agam, dimana masing-masing kecamatan mengutus 3 orang dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya dr.H.Hendri Rusdian menjelaskan, kegiatan Derap Covid-19 merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dicanangkan oleh Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat Tahun 2020, yang melibatkan berbagai unsur diantaranya DPMD, Kemenag, TP PKK, SBH dan unsur lainnya.

Ditambahkan, peserta sosialisasi adalah kader SBH dan kader posyandu yang merupakan implementasi aksi Derap Covid-19 di Pasar Rabaa Kecamatan Tanjung Raya dengan kegiatan Kampanye 3M, edukasi dan pembagian masker kepada pengunjung pasar, dilanjutkan dengan Musyawarah Masyarakat Nagari (MMN) tentang penguatan Derap Covid-19 di Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang, tanggal 18 Agustus 2021 lalu.

Disebutkan Kadinas Kesehatan Agam itu, sebagai tindak lanjut kegiatan Derap Covid-19 di nagari, dilaksanakan sosialisasi Derap Covid19 kepada perwakilan nagari di 16 kecamatan, dimana peserta pertemuan adalah wali nagari, anggota satuan tugas covid-19 nagari dan kader tanggap covid-19.

“ Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perubahan perilaku masyarakat melalui edukasi sehat bersama pelaksana pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 di tingkat nagari. Aksi Derap Covid-19 menitikberatkan agar semua masyarakat mampu menjadi kader dan pelopor untuk perubahan perilaku di masa pandemi Covid19, “ jelas Hendri Rusdian lagi.

Sosialisasi yang berlangsung sehari penuh itu, menghadirkan 3 narasumber dari berbagai unsur, masing-masing dr.Elvera Susanti,ketua IDI Cabang Agam yang juga dokter spesialis paru-paru RSUD Lubukbasung, H.Marjanis, MPd, Kepala kantor Kemenag.Agam, dan Eko Purwanto, Kasi. Keuangan DPMN Agam, yang diikuti 48 peserta perwakilan dari 16 kecamatan, khusus dari kecamatan Lubukbasung diwakili Wali Nagari Lubukbasung Darma Ira Putra Dt. Batuah, Rino Syamna Putra dari unsur Satgas Nagari dan Saidil Rafki relawan covid-19 nagari Lubukbasung.

HARMEN

To Top