Kaba Terkini

Satlantas Polres Agam Minta Pengendara Prioritaskan Kendaraan Yang Mendaki di Kelok 44

Maninjau, KABA12.com — Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Agam meminta agar para pengguna jalan lebih memprioritaskan kendaraan dari arah bawah atau yang sedang mendaki di kawasan Kelok 44, Kabupaten Agam. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi kecelakaan lalu lintas di jalur tanjakan.

Kasat Lantas Polres Agam, Iptu Apriman Sural, SH mengatakan, kendaraan yang sedang dalam tanjakan atau mendaki mendapat prioritas utama dari kendaraan lain, dan telah diatur dalam undang-undang Nomor 24 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Berdasarkan isi Pasal 111 Nomor 24 Tahun 2009, bahwa pada jalan yang menanjak atau menurun yang tidak memungkinkan bagi kendaraan untuk saling berpapasan, pengemudi kendaraan yang arahnya menurun wajib memberi kesempatan jalan kepada kendaraan yang mendaki,” ujar Iptu Apriman Sural didampingi Kanit Patroli Bripka Bambang Hendri kepada KABA12.com saat meninjau jalur Kelok 44, Kamis (2/9).

Selain memprioritaskan kendaraan yang mendaki di tanjakan Kelok 44, para pengendara juga diminta agar membunyikan klakson di setiap tikungan atau kelok.

“Saat berpapasan di tikungan atau kelok mohon dahulukan kendaraan dari arah bawah atau yang sedang mendaki. Selain itu bunyikan klakson di setiap tikungan untuk memberitahu pengguna jalan lain,” imbuhnya.

Ia mengatakan, sebagai upaya antisipasi kecelakaan lalu lintas, pihaknya sudah memasang sejumlah rambu-rambu peringatan bagi pengguna jalan di sepanjang jalan wilayah hukum Polres Agam. Rambu-rambu itu terdiri dari barrier, dan spanduk himbauan.

“Kita memasang spanduk himbauan itu di 6 titik lokasi wilayah hukum Polres Agam, masing- masing di Kelok 1, Kelok 10, Kelok 22, Kelok 44, KM 42 wilayah Matur, dan KM 48 wilayah Matur persisnya di Bukik Apik Parik Panjang,” katanya.

Apriman Sural menambahkan, spanduk himbauan itu berisikan tentang mengajak pengguna jalan untuk tetap disiplin dan tertib berlalulintas, serta berhati-hati melewati di jalan yang amblas.

“Dengan pemasangan spanduk himbauan itu diharapkan dapat mengingatkan para pengguna jalan untuk selalu tertib dan patuh dalam berkendara, sehingga terhindar dari resiko kecelakaan lalu lintas,” jelasnya

(Bryan)

To Top