Kaba Pemko Bukittinggi

Dinas P3APPKB Serahkan Honor Kader

Bukittinggi, kaba12.com — Ratusan kader pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kota Bukittinggi, menerima honor transportasi dari pemerintah daerah setempat.

Penyerahan honor dilakukan di Balairung rumah dinas Wali Kota Belakang Balok, Senin (12/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Ketua TP- PKK Kota Bukittinggi, Fiona Erman Safar, SKPD, camat, lurah dan undangan lainnya.

Kepala Dinas P3APPKB Kota Bukittinggi, Tati Yasmarni mengatakan, ratusan kader yang menerima honor ini terdiri dari petugas Pembantu Pembina Keluarga Berencana Kelurahan (PPKBK) dan petugas Sub PPKBK, kader Bina Keluarga Balita (BKB), kader Bina Keluarga Remaja (BKR), dan kader Bina Keluarga Lansia (BKL), dengan jumlah lebih kurang sekitar 500 kader.

Dari jumlah tersebut, 24 orang diantaranya merupakan petugas PPKBK yang mengkoordinir seluruh kader di 24 kelurahan untuk program Indeks Pembangunan Keluarga (iBANGGA). Kemudian 164 orang petugas Sub PPKB, dan ratusan kader BKB, BKR, dan BKL.

“Untuk kader PPKBK menerima honor sebesar Rp 250.000/bulan. Sedangkan untuk kader Sub PPKBK, kader BKB, BKR, dan BKL, menerima honor sebesar Rp 100.000/bulan,” kata Tati.

Menurut Tati, untuk honor kader PPKBK dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari BKKBN Pusat. Sedangkan untuk honor Sub PPKBK, BKB, BKR, dan BKL dibiayai sepenuhnya melalui APBD Kota Bukittinggi yang mengacu kepada standar biaya pemko Bukittinggi.

“Mengingat keterbatasan anggaran pada APBD Kota Bukittinggi, maka honor untuk Sub PPKBK, BKB, BKR, dan BKL masih mengaju kepada standar biaya yang ada. Meski jumlahnya tidak seberapa, namun pemberian honor ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Pemko Bukittinggi terhadap para kader yang bertugas dilapangan,” ujar Tati.

Selain penyerahan honor kader ulas Tati, juga diserahkan bantuan peralatan usaha untuk kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Bantuan yang diberikan sesuai dengan usaha mereka.

“Bantuan untuk kelompok UPPKS ini berasal dari APBD Kota Bukittinggi melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas P3APPKB Kota Bukittinggi. Sebelumnya kita telah melakukan survei terhadap kelompok UPPKS terkait apa saja yang mereka butuhkan untuk meningkatkan usaha mereka,” ucap Tati.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyampaikan, kader kader KB yang ada pada Dinas P3APPKB adalah pejuang pejuang kemanusian yang ada dilapangan dalam rangka meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Selain pejuang, kader kader di kelurahan juga merupakan ujung tombak dan perpanjangan tangan pemerintah daerah di kelurahan.

“Kami menyampaikan apresiasi terhadap petugas PPKB, sub PPKB, kader BKB, BKR dan BKL, yang telah bekerja keras dalam mensosialisasikan program KB kepada masyarakat di wilayah kerja masing-masing. Upaya dari setiap petugas sangat membantu program pemerintah daerah dalam upaya peningkatan kualitas keluarga,” ujar Erman Safar.

(Harmen/*)

To Top