DPRD Agam

Ketua DPRD Agam Beri Apresiasi 10 pj. Walinagari Baru Dikukuhkan

Lubukbasung, kaba12.com — Ketua DPRD Agam Dr.Novi Irwan beri apresiasi Pemkab.Agam menyusul dikukuhkan 10 orang penjabat walinagari definitive pasca penetapan menjadi nagari baru hasil pemekaran tahap I yang kode desanya sudah dikeluarkan pemerintah pusat.

Disebutkan, saat ini tercatat sudah 92 nagari di kabupaten Agam yang akan menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah untuk merealisasikan berbagai program pembangunan termasuk memaksimalkan pelayanan pada masyarakat.

Seperti halnya saat Ketua DPRD Agam Novi Irwan menghadiri pelantikan Pj. Walinagari dan peresmian 2 nagari definitif di Kecamatan Kamang Magek, Selasa (13/12), masing-masing Nagari Pauah Kamang Mudiak, dan Nagari Kamang Tangah Anam Suku.

Pelantikan pj.walinagari yang juga dihadiri Anggota DPR-RI Reska Oktaberia, Anggota DPRD Sumbar Asra Faber dan Ismet Amzis, Anggota DPRD Agam Feri Adrianto,bersama para tokoh ninik mamak dan masyarakat setempat itu memberi warna lebih dalam prosesi bersejarah itu.

Menurut Dr.Novi Irwan, Ketua DPRD Agam, definitifnya kedua nagari tersebut sudah lama menjadi impian dari masyarakat, hal itu dibuktikan dengan antusiasnya masyarakat yang hadir dalam kegiatan pelantikan dan peresmian nagari tersebut.

“Kita berharap Pj. Wali Nagari yang sudah dilantik dapat mengemban amanah yang sudah diberikan dengan baik, dan mampu menjalankan roda pemerintahan nagari hingga dipilihnya wali nagari defenitif hasil pilwana,” ujarnya.

Dijelaskan, Kabupaten Agam sudah mengusulkan 23 nagari untuk dimekarkan pada pemerintah pusat sesuai mekanisme yang ada termasuk dukungan persyaratan yang harus dilengkapi daerah, namun baru 10 nagari yang sudah keluar kode desanya, yang saat ini seluruh penjabat walinagarinya dikukuhkan Bupati Agam, termasuk Nagari Pauah Kamang Mudiak, dan Nagari Kamang Tangah Anam Suku.

Diharapkan Dr.Novi Irwan, kedua pj.walinagari yang dikukuhkan baik Amdanir sebagai pj. Walinagari Pauah Kamang Mudiak maupun Emi Fandra sebagai pj. Nagari Kamang Tangah Anam Suku, menjalankan amanah secara maksimal, tidak hanya menuntaskan persiapan dan menata administrasi, menjalin koordinasi serta bersama masyarakat melengkapi seluruh lembaga nagari sampai ditetapkannya walinagari defenitif hasil pilwana.

HARMEN

To Top