Kaba Terkini

Camat Ampek Nagari Dinilai Tim Kompetensi Camat Tingkat Provinsi

Ampek Nagari, KABA12.com — Menindaklanjuti hasil presentasi Camat Ampek Nagari, Roza Syafdefianti yang telah disampaikan beberapa waktu, tim penilai camat berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Senin (28/10).

“Penilaian kompetensi camat di era sekarang sangat penting dilakukan, sebab untuk seorang camat kompetensinya berbeda dengan kepala OPD, karena selain memimpin staf, camat juga akan berhadapan langsung dengan banyak orang,”kata Asrul Syukur, tim penilai camat berprestasi Sumatera Barat.

Asrul Syukur, menyebutkan, seorang camat harus memiliki kompetensi seperti, mengerti tentang pemerintahan, bagaimana kemasyarakatannya dan pergaulan dengan masyarakat, serta pelayanan yang diberikan.

Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri mengatakan, peran seorang camat tidak hanya sebatas leader di kantor. Lebih dari itu, camat merupakan pamong yang harus melayani, mengayomi dan menjadi tauladan bagi masyarakat di wilayahnya.

“Dengan peran yang kompleks itu, camat merupakan jabatan strategis dan memiliki standar kompetensi khusus dalam menjalankan roda pemerintahan di kecamatan,” sebutnya.

Dikatakan bupati, sejak awal ia dipercaya memimpin Kabupaten Agam, pengangkatan dan penempatan seorang camat dilaksanakan melalui proses pertimbangan yang matang, serta memiliki kompetensi khusus.

“Delapan tahun saya menjabat sebagai bupati, sampai sekarang Agam sudah memiliki enam camat berprestasi. Bahkan mendapatkan jabatan terbaik di daerah lain,” imbuhnya.

Untuk itu bupati mengharapkan, penilaian kali ini akan membawa prestasi terbaik untuk Agam. Sehingga semakin banyak camat teladan yang lahir dari negeri bertuah ini dan menjadi contoh bagi camat lainnya.

(Ardi)

To Top