Kaba Terkini

Bupati Lepas 432 Calon Jamaah Haji Agam

Agam, KABA12.com — Bupati kabupaten Agam Indra Catri melepas secara resmi 432 calon jamaah haji (CJH) untuk melaksanakan ibadah haji pada tahun ini.

Pelepasan CJH itu dilakukan di Sport Centre Fort De Kock Bukittinggi, Sabtu (22/07).

Pada musim haji kali ini, kuota jamaah haji meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2016 lalu, kabupaten Agam memberangkatkan 317 orang jamaah haji, namun kali ini meningkat 115 orang menjadi 432 calon jamaah haji. Sehingga CJH asal Agam harus diberangkatkan dalam dua kloter.

“Jumlah CJH tahun ini meningkat, sehingga jamaah mesti dibagi dalam dua kloter. Kloter 2 pada gelombang pertama dan kloter 12 pada gelombang kedua,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Agam Hendri.

Ia menjelaskan, jamaah kloter 2 akan berangkat pada 28 Juli 2017 menuju embarkasi Padang dan menginap satu malam di asrama haji, baru keesokan harinya pada 29 Juli diberangtkan ke Jeddah.

Sementara untuk kloter 12 di gelombang kedua, jamaah calon haji asal Agam akan berangkat menuju embarkasi Padang pada 8 Agustus, dan keesokan harinya pada 9 Agustus 2017 bertolak ke tanah suci bergabung dengan jamah dari Tanah Datar, Sawahlunto dan kota Padang.

Pelepasan CJH Agam itu ditandai dengan penyerahan bendera dan sejumlah peralatan pengeras suara dari Bupati Indra Catri kepada masing-masing ketua rombongan.

Kepada calon jamaah haji Bupati Agam berpesan, agar menjaga kesehatan dan mencukupi asupan suplemen untuk tububuh baik menjelang keberangkatan maupun selama berada ditanah suci.

“Selain kesehatan dan istirahat yang cukup, pada diri jamaah itu harus melekat identitas orang Agam, tolong pertahankan dan jaga nama baik Agam. Semoga semuanya menjadi haji yang mabrur,” ungkap Indra Catri.

Dalam pelaksanaan ibadah haji 1438 Hijriah ini, Kemenag Agam juga mengumumkan calon haji termuda dan tertua.

Zahratul Misqa Binti Suhadi umur 22 tahun, warga Aur Pakan Kamis kecamatan Tilatang Kamang menjadi calon haji termuda dan Pinan Binti Resa Amir usia 82 tahun asal Padang Laweh kecamatan Sungai Pua jamaah haji tertua  dari Agam.

(Jaswit)

To Top