Kaba Terkini

Bupati: Pilwana Agam Berjalan Lancar Sesuai Rencana

Agam, KABA12.com — Bupati kabupaten Agam Indra Catri pantau pelaksanaan Pemilihan Walinagari (Pilwana) tahap tiga yang dilaksanakan diwilayah Agam Timur, Sabtu (22/07) siang.

Dari pantauannya ke sejumlah TPS yang ada di Nagari Kapau dan Gaduik, Bupati beserta rombongan dari Pemkab Agam tidak menemukan adanya masalah yang berarti.

Malah, tim pemantau menjumpai adanya hiburan musik tradisi yang sengaja diadakan panitia pemilih untuk menarik perhatian para masyarakat mendatangi tempat pemungutan suara.

“Dari pantauan kita ke beberapa TPS, tidak ada insiden, tidak ada kerusakan pada alat, aman tertib dan lancar. Namun bagaimana tingkat partisipasi, kepandaian dan adaptasi masyarakat pada E-Voting masih perlu ditingkatkan, karena ini pengalaman pertama kita,” ujarnya.

Indra Catri memastikan pelaksanaan Pilwana di 28 nagari di Agam akan berjalan sesuai yang telah direncanakan.

“Kita pastikan semuanya sesuai rencana, by design. Kita berharap hasilnya menggembirakan. Kita lihat semua berpartisipasi, bahkan ada yang melengkapinya dengan berbagai cara, seperti dengan atraksi budaya musik tradisi dan itu menggembirakan, bahkan ada yang menjemput pemilih ke rumahnya langsung,” kata orang No.1 di Agam itu.

Pilwana tahap tiga hari ini digelar ditujuh nagari. Seperti nagari Padang Lua dengan jumlah pemilih 4.012 orang, nagari Kubang Putiah dengan pemilih 5.840 orang, nagari Sungai Tanang dengan 1.669 orang pemilih.

Serta nagari Taluak Ampek Suku dengan jumlah DPT 3.716 orang, nagari Ladang Laweh 3.874 orang, nagari Gaduik 11.186 orang dan nagari Kapau dengan 2.313 orang pemilih tetap.

Sementara untuk Pilwana ke-empat akan digelar pada Selasa (25/07) dan tahap lima akan dilaksanakan Sabtu (29/07) mendatang.

(Jaswit)

To Top