Kaba Agam

Bupati Agam Minta Pilwana 2017 Jadikan Pesta Nagari

Lubuk Basung, KABA12.com — Bupati Agam H. Indra Catri Dt.Malako nan Putiah minta pemilihan wali nagari di 28 nagari di kabupaten Agam yang dijadualkan serentak bulan Juli mendatang dijadikan sebagai moment “pesta nagari” dalam memilih pemimpin terbaik di nagari.

Diharapkan, masyarakat bisa berperan optimal dengan mendorong sukses tahapan dan pelaksanaan pemilihan pemimpin pemerintahan di nagari, sehingga upaya merealisasikan nagari maju, berkembang dan madani bisa terealisasi.

Hal itu ditegaskan bupati Agam melalui Sekab Agam Martiaswanto Dt.Maruhun didampingi Kabag.Humas Dita Wedia menjawab KABA12.comdi ruang kerjanya terkait  proses pemilihan wali nagari serentak di kabupaten Agam.

Dijelaskan M.Dt.Maruhun, proses  demokrasi politik di tingkat nagari, harus berjalan baik dengan menghasilkan pemimpin terbaik pilihan masyarakat, karena hal itu menurutnya, sangat penting mengingat semakin berat dan beragamnya tuntutan kemajuan pembangunan nagari di berbagai aspek saat ini.

Ditegaskan, Pemkab. Agam, seiring dukungan yang semakin kuat dari pemerintah pusat, dibuktikan dengan dukungan dana kegiatan pembangunan nagari yang semakin besar dikucurkan pemerintah pusat, akan memberi dukungan maksimal untuk merealisasikan hal tersebut.

Peran masyarakat, tegas M.Dt.Maruhun, sangat penting untuk mendorong kemajuan nagari dengan memilih pemimpin terbaik, punya visi dan komitmen yang kuat dalam mendorong kemajuan, serta mampu berkolaborasi dengan semua pihak, untuk merealisasikan visi-misi daerah, sehingga harapan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat betul-betul terwujud.

“ Peran masyarakat akan sangat menentukan, kami berharap sejak awal, masyarakat di berbagai nagari, berperan aktif, sejak proses awal sampai pemilihan, sehingga terpilih pemimpin terbaik, pilihan masyarakat nagari itu sendiri, “ tegas Sekab Agam itu lagi.

Dijelaskan, secara umum, seluruh persiapan melalui panitia pemilihan nagari sudah cukup matang, bahkan saat ini, sudah dilakukan penetapan calon dan nomor urut calon. Beberapa bulan kedepan, akan memasuki tahapan sosialisasi dan kampanye serta pemilihan wali nagari , sesuai mekanisme yang sudah ditetapkan.

(Harmen)

To Top