Kaba Terkini

Bupati Agam Gelar Dialog, Siap Sampaikan Aspirasi Petani Sawit

Lubukbasung, kaba12.com — Bupati Agam Dr.Andri Warman gelar dialog dengan juru bicara aksi demo damai yang digelar para petani kelapa sawit yang tergabung dalam Assosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Kabupaten Agam di ruang rapat bupati Agam Selasa,(17/5).

Dialog yang digelar dalam rangkaian aksi nasional gerakan keprihatinan petani kelapa sawit menyusul ambruknya harga Tanda Buah Segar (TBS) sawit akibat pemberlakuan larangan ekspor CPO dan turunannya oleh presiden Jokowi, yang berimbas buruk pada para petani.

Diskusi digelar bupati Agam didampingi Asisten II Sekab.Agam Ir.Jetson, JP.Dt.Bintaro Rajo, anggota DPRD Agam, diikuti 7 perwakilan peserta aksi, pasca rombongan mendatangi kantor bupati Agam Selasa menggunakan beberapa kendaraan termasuk 2 truk berisi buah kelapa sawit siap panen.

Prosesi aksi damai yang digelar para petani kepala sawit yang didominasi berada di wilayah kecamatan Lubukbasung, Tanjung Mutiara, Ampek Nagari dan Palembayan berjalan lancar, yang dikawal khusus oleh personil Polres Agam, Satpol.PP dan jajaran TNI.

Dalam dialog digelar, perwakilan petani menyampaikan beberapa hal terkait dengan tuntutan mereka yang intinya meminta bupati Agam memberi perhatian pada para petani kelapa sawit yang saat ini dirundung duka, menyusul ambruknya harga TBS sawit, dan meminta bupati merekomedasikan permintaan mereka pada pemerintah pusat, agar mencabut larangan ekspor CPO dan ketentuan penetapan harga TBS oleh Kemen.Perindag yang merugikan petani.

Dalam dialog yang berlangsung bersahaja itu, bupati Agam Dr.Andri Warman menyambut baik dan mengapresiasi aksi damai para petani sawit yang dilakukan APKASINDO Agam itu, sebagai wujud semangat berdemokrasi.

Disebutkan Andri Warman, masalah yang terjadi saat ini tidak hanya dihadapi para petani kelapa sawit tapi perusahaan kelapa sawit yang menurutnya mesti menjadi perhatian pihak terkait.

Bupati Agam itu meyakinkan, pihaknya akan menyampaikan dan meneruskan permintaan para petani kelapa sawit itu secara berjenjang pada pemerintah propinsi dan pusat yang diharapkan bisa menjadi bahan kajian terhadap kebijakan pemerintah pusat.

Usai aksi damai yang digelar perwakilan APKASINDO Agam itu, bersama bupati Agam dan jajaran pimpinan daerah berpose bersama di lobi kantor bupati Agam, dimana para pendemo mengaku puas dengan sambutan bupati Agam dan menyatakan siap merekomendasikan tuntutan mereka pada pemerintah pusat dan propinsi secara berjenjang.

HARMEN

To Top