Kaba Pemko Bukittinggi

Bukittinggi Library Fiesta 2017 Tingkatkan Minat Baca

Bukittinggi, KABA12.com — Bukittinggi Library  Fiesta tahun 2017 dibuka secara resmi Walikota Bukittinggi, di kawasan Pedestrian Taman Jam Gadang, Bukittinggi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi, Drs. Novri, menjelaskan Bukittinggi Library Fiesta dilaksanakan selama tiga hari dengan 9 kegiatan dan diikuti oleh sejumlah kabupaten kota se Sumatera Barat.

Kegiatan ini menjadi upaya Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan untuk meningkatkan mendidik dan merangsang budaya baca di tengah masyarakat.

“Beberapa kegiatan kita laksanakan dalam acara ini diantaranya, pameran dan bazar buku murah, road show dan convoy mobil pustaka keliling se Sumbar, pagelaran seni dan budaya, serta panggung hiburan,” jelas Novri yang sekaligus menjadi ketua pelaksana kegiatan ini.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias  menyebut dua inti yang dibicarakan dalam kegiatan ini, yakni membaca dan arsip.

Menumbuhkan minat baca  masyarakat terutama generasi muda.

“Generasi yang lahir tahun 2000-an ini harus diarahkan karena perkembangan zaman yang cepat. Ini harus kia pagari dengan ilmu yang bermanfaat. Imbangi iptek dan imtaq. Salah satunya upayanya adalah dengan membaca. Kita haurs cari polanya sehingga generasi muda tumbuh kembang dengan baik dan berguna bagi bangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Diharapkan  masyarakat lebih suka membaca sehingga lahir generasi yang kaya ilmu dan sejarah. Karena Bukittinggi penuh dengan wisata sejarah.

“Ini tugas berat kita semua terutama Dinas Perpustakaan dan Kearaipan bekerjasama dengan pihak terkait. Seluruh OPD pun harus punya arsip setiap kegiatan,” tegasnya.

(Ophik)

To Top