Kaba Pemko Bukittinggi

Bukittinggi dan Sawahlunto Barter Satwa

Bukittinggi, KABA12.com — Kebun Binatang kota Bukittinggi saling tukar merawat binatang dengan Kebun Binatang Kandih, kota Sawahlunto. Kebun Binatang Sawahlunto menyerahkan seekor Gajah kepada Kebun Binatang Bukittinggi dan sebaliknya Kebun Binatang Bukittinggi menyerahkan 2 ekor Harimau Sumatera, Minggu (02/06).

Untuk 2 ekor harimau Sumatera yang diberangkatkan setelah Shalat Ashar Minggu (02/06) dilepas oleh Kepala Dinas pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Erwin Umar di TMSBK. Kedua harimau itu langsung dibawa dengan 2 mobil Pick Up dibawah Pengawasan Kompol. Zulmi Gusrul dan AKP. Vero Ciko dari Polisi Hutan BKSDA Provinsi Sumatera Barat dan juga diikuti oleh Dokter Hewan dan Petugas dari TMSBK Bukittinggi.

Dokter hewan dan Petugas TMSBK Bukittinggi itu, selain mendampingi 2 ekor harimau ke Sawahlunto, sebaliknya juga akan mengiringi Gajah dari Sawahlunto ke Bukittinggi.

Kepala Dinas pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Bukittinggi Erwin Umar, menyebutkan, saling tukar bintang antara Kebun Binatang Bukittinggi dengan Kebun Binatang Sawahlunto, dalam rangka saling perawatan binatang dan juga saling mengisi kekurangan binatang antara kedua Kebun Binatang tersebut.

“Kebun Binatang Bukittinggi, sejak matinya seekor gajah betina beberapa waktu lalu,membuat gajah yang ditinggal mati kesepian dan kita perlu mencarikan temannya. Makanya kita meminta kepada Kebun Binatang Sawahlunto. Sebaliknya Kebun Binatang Sawahlunto meminta sepasang harimau Sumatera dan kebetulan kita punya 11 ekor Harimau, makanya permintaan Kebun Binatang Sawahlunto kita penuhi,” jelas Erwin Umar.

Dengan adanya tambahan seekor gajah itu, berarti sudah ada sepasang gajah di TMSBK Bukittinggi. Hal ini tentu diharapkan akan dapat menambah daya tarik pengunjung untuk datang ke Kebun Binatang Bukittinggi.
(Ophik)

To Top