BPBD Kab. Agam

BPBD Agam Himbau Warga Waspada Cuaca Ekstrim

Lubukbasung, kaba12.com — Kepala BPBD Agam M.Lutfie himbau warga kabupaten Agam dan perantau yang pulang untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem saat berada di luar rumah

Pasalnya, dampak perubahan cuaca yang kerap mendadak rentan memicu musibah di mayoritas wilayah Agam terutama longsor dan banjir.

Hal itu disebutkan M.Lutfie menjawab kaba12.com menyikapi perubahan cuaca mendadak saat ini termasuk masih tingginya potensi hujan di wilayah Sumbar yang kerap memicu bencana di berbagai daerah.

Kepala BPBD Agam itu berharap masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah jika cuaca hujan dan angin kencang karena mayoritas wilayah Agam justru sangat rawan bencana.
Masyarakat juga dihimbau untuk selalu waspada dan siaga jika berada di berbagai kawasan wisata termasuk di pantai dan selalu pantau anak-anak dan keluarga.

Disisi lain M.Lutfie menyebutkan, pihaknya bersama unsur terkait sudah menyiapkan tim pengamanan dan tim reaksi cepat untuk mengantisipasi dampak bencana dan menganani dampak pasca bencana di berbagai wilayah Agam.

” Posko khusus sudah dibuat dan tim tanggap bencana juga bergabung di posko taktis pengamanan libur tahun baru,” jelas M.Lutfie.

Sementara suasana libur di wilayah Agam sendiri masih terlihat sepi. Yang ramai dengan volume kendaraan tinggi hanya kawasan yang berdekatan dengan Bukittinggi dan Padang Pariaman.

(Harmen)

To Top