Kaba Terkini

Bentuk Tiga Tim Gabungan, Bawaslu Agam Bersihkan APK Langgar Aturan

Lubukbasung,kaba12 — Bawaslu Agam bentuk tiga tim gabungan untuk penertiban dan pembersihan Alat Peraga Kampanye ( APK) Pemilu 2024 di seluruh wilayah Kabupaten Agam yang dipasang di tempat-tempat yang dilarang sesuai ketentuan yang diberlakukan.

Proses pembersihan dan penertiban digelar serentak di seluruh wilayah Kabupaten Agam, Sabtu, (27/1), sesuai temuan lapangan termasuk laporan masyarakat terkait dengan pemasangan APK Pemilu 2024, baik spanduk, baliho, banner, stiker dan jenis lainnya yang dipasang di titik-titik terlarang.

Titik yang banyak dilanggar oleh “pemasang” APK Pemilu 2024, terutama di pohon-pohon, di tiang listrik, tiang telepon, dekat kawasan sekolah, dekat kompleks rumah ibadah, dekat sarana pemerintah, mesjid dan beberapa titik lain yang sejak awal sudah ditetapkan sebagai kawasan yang dilarang untuk pemasangan atribut kampanye.

Proses penertiban itu disebutkan Yuli Zamra, Sekretaris Bawaslu Agam menjawab kaba12 di Lubukbasung Sabtu, (27/1) disela penertiban APK yang menyalahi ketentuan oleh tim gabungan tersebut.

Dijelaskan Yuli Zamra, sesuai dengan hasil rapat koordinasi unsur terkait termasuk bersama partai politik peserta pemilu, disepakati Sabtu, (27/1) digelar penertiban APK yang dipasang di tempat-tempat yang dilarang.

Ditambahkan, Bawaslu Agam sebelumnya sudah berkoordinasi dan meminta parpol peserta pemilu untuk menertibkan sendiri APK yang dipasang di tempat yang dilarang tersebut, karena tim gabungan akan melakukan penertiban.

“Bahkan untuk penertiban oleh tim gabungan, parpol bahkan diminta untuk mendampingi, mengantisipasi adanya reaksi dari masyarakat terkait dengan penertiban yang dilakukan, “sebut Yuli Zamra lagi.

Sekretaris Bawaslu Agam itu, sesuai dengan harapan Komisioner Bawaslu Agam dan unsur terkait lain, menjelang masa tenang kampanye Pemilu 2024, 10 Februari mendatang, seluruh APK yang dipasang kontestan peserta pemilu, baik legislative disegala tingkatan, maupun Pemilu Presiden bisa dipasang di tempat-tempat yang sudah ditetapkan.

Sementara proses penertiban yang dilakukan tim gabungan sepanjang Sabtu, (27/1) yang menyisir seluruh wilayah kabupaten Agam berjalan lancar, tanpa kendala berarti di lapangan.

(HARMEN)

To Top