Kaba Agam

Baznas Agam Salurkan Batuan Melalui Program Agam Cerdas

Lubuk Basung, KABA12.com — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Agam kembali menyalurkan bantuan melalui program Baznas yakni, Agam Cerdas. Sebanyak 37 orang mahasiswa menerima bantuan tersebut di kantor Baznas Kabupaten Agam, Kamis (08/06).

Ketua Baznas Kabupaten Agam, Ir. Eldi Zein, MS, menjelaskan, sebelumnya Baznas Kabupaten Agam juga sudah menyalurkan bantuan Agam Cerdas kepada 63 orang mahasiswa di kantor pelayanan Baznas Agam Belakang Balok Bukittinggi.

“Jadi saat ini kita sudah menyalurkan bantuan melalui program Agam Cerdas kepada 100 orang mahasiswa undangan yang telah mengajukan proposal kepada kita untuk penerimaan bantuan, dan jumlah tersebut masih bisa bertambah,” kata Eldi Zein kepada KABA12.com di ruangannya.

Dia menambahkan, mahasiswa undungan yang ingin mendapatkan bantuan harus mengajukan proposal kepada Baznas Agam dan juga harus melengkapi persyaratan administratisi. Selain itu Baznas Agam menambahkan persyaratan  seperti, pelaksanaan sholat lima waktu dan membaca al-qur’an.

“Disini kita bisa lihat, apakah mereka menjalankan sholat lima waktu atau tidak dan kita juga meminta mereka untuk membaca al-qur’an, dan initinya kita tetap mengacu kepada asnaf yang delapan,” ujarnya.

Ketika mereka masih kurang lancar membaca al-qur’an, pihak Baznas Agam belum bisa menerima proposal tersebut, mereka di minta untuk bisa membaca al-qur’an, oleh karena itu, Baznas Agam siap membina dan mendidik mereka.

“kita disini tidak hanya memberikan zakat, kita juga memberikan pembinaan tentang agama, hal ini sejalan dengan program Pemkab Agam yakni, Agam Madani,” ujarnya lagi.

Eldi Zein, berharap, kepada masyarakat Kabupaten Agam yang sudah mampu berzakat (Muzaki) untuk mempecayai zakatnya kepada Baznas Agam untuk penyalurannya. Karena Baznas Agam melakukan penyaluran zakat sesuai prosedur dan berusaha untuk membaginya secara merata bagi yang membutuhkan.

“Dengan bertambahnya muzaki akan lebih banyak mustahik yang akan menerima zakat kita,” harapnya.

(Ardi)

To Top