Kaba Bukittinggi

Asril Serahkan Bibit Buah-Bahan Produktif Untuk Masyarakat Puhun Tembok

Bukittinggi, KABA12.com — Asril, SE, anggota DPRD.Bukittinggi, menyerahkan bibit buah-buahan produktif kepada warga Puhun Tembok.

Penyerahan bibit yang sangat bermanfaat bagi warga itu, dilaksanakan secara simbolis di kantor Lurah Puhun Tembok, Jumat (04/10).

Asril, menjelaskan, bantuan bibit buah-buahan produktif ini, merupakan realisasi dari pokok pikiran (pokir) atas nama dirinya selaku Anggota DPRD Bukittinggi, yang masuk dalam anggaran tahun 2019. Bibit yang diserahkan berupa tanaman produktif, seperti jambu kristal, lengkeng dan pokat.

“Kali ini, kami membagikan 450 bibit jambu kristal, lengkeng 200 bibit dan Pokat 100 bibit. Ini merupakan tahap pertama, karena tahun depan akan terus ditambah. Kita targetkan selama lima tahun kedepan, akan kita serahkan 100.000 bibit dan kita juga targetkan, setiap rumah di Puhun Tembok memiliki satu tanaman produksi, lahan kosong akan dimanfaatkan untuk menanam bibit tanaman produktif,” ungkap politisi dari Partai Nasdem itu.

Penyerahan bibit tanaman produktif ini, lanjut Asril, dilaksanakan dengan tujuan untuk lebih menghijaukan kota Bukittinggi khususnya kelurahan Puhun Tembok. Selain itu, Asril juga berkeinginan, dengan program pro kota hijau yang diawali dengan penyerahan bibit tanaman produktif ini, masyarakat juga dapat lebih aktif memanfaatkan lahan dan tanah kosong. Sehingga bibit tanaman produktif ini kedepannya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Dengan adanya tanaman produksi, masyarakat juga akan diberikan pendidikan dan pengarahan untuk pengolahan buah-buahan, untuk makanan ataupun diolah menjadi obat. Bahkan, dengan ramainya tanaman buah-buahan di Puhun Tembok, tidak tertutup kemungkinan daerah ini dapat menjadi salah satu desa wisata di Bukittinggi. Kami juga akan upayakan dana CSR untuk menunjang kelurahan, Puhun Tembok sebagai salah satu desa wisata,” jelas Asril.

Dalam kesempatan itu, Asril juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota dan pemerintah kota melalui Dinas Pertanian dan Pangan kota Bukittinggi atas dukungannya terhadap program ini.

“Tanpa dukungan pemerintah, program ini tentu tidak akan berjalan lancar,” ungkapnya.

Hastine Atas Asih, Lurah Puhun Tembok, mengapresiasi bantuan dari salah satu wakil rakyat dari dapil MKS ini. Bantuan bibit tanaman produktif, diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat Puhun Tembok dengan maksimal.

“Kami warga Puhun Tembok sangat berterima kasih atas bantuan bibit tanaman produktif ini. Bibit ini tidak hanya menghasipkan buah-buahan semata, namun juga dapat diolah menjadi makanan dan juha obat-obatan,” jelasnya.

Hastine menjelaskan, bibit tanaman produktif ini, akan dibagikan kepada masyarakat dan juga 59 dasawisma yang ada di Puhun Tembok.

Selanjutnya, dalam rencananya, sembilan kelurahan yang ada di kecamatan MKS, akan mendapat bantuan bibit tanaman produktif serupa.

(Ophik)

To Top