Kaba Terkini

Antisipasi Perluasan Banjir, PLTA Koto Panjang Buka Pintu Pelimpah Air

Lima Puluh Kota, KABA12.com — Akibat curah hujan tinggi sejak Kamis (02/03) malam, membuat air di Batang Maek kembali meluap. Setidaknya 10 wilayah di kecamatan Pangkalan Koto Baru terkena banjir dengan ketinggian 1 hingga 1,5 meter.
Untuk mengantisipasi meluasnya wilayah yang terkena banjir, PLTA Koto Panjang juga melakukan bukaan pintu pelimpah air waduk secara bertahap.
“Berhubungan intensitas curah hujan pada sisi hulu meningkat, diiringi naiknya permukaan air waduk PLTA Kota Panjang, maka kami akan melakukan bukaan pintu pelimpah air waduk secara bertahap,” jelas Menejer Pusat Listrik PLTA Koto Panjang Bayu Tuk Windriyo dalam himbauannnya yang diterima KABA12.com, Jumat (03/03).
Menurutnya, dengan dibukanya pintu pelimpah air waduk, maka akan menyebabkan naiknya permukaan air sungai Kampar, “kita minta warga jangan panik, karena permukaan air akan naik dari 30-50 cm dari kondisi saat ini,” ulasnya lagi. Bukaan pintu pelimpah air waduk PLTA Kota Panjang dimulai sejak pukul 14.00 WIB secara bertahap.
Sebelumnya, Bupati 50 Kota Irfendi Arbi telah meminta pihak PLTA Koto Panjang untuk membuka pintu pelimpah air secara perlahan mengantisipasi meluasnya banjir di Pangkalan yang dapat menutup akses jalan lintas Sumbar-Riau.
“Saya sudah instruksikan BPBD dan OPD terkait, agar menangani bencana ini secepatnya, utamakan keselamatan masyarakat kita, terutama balita, anak-anak, lansia, penyandang disabilitas dan ibu hamil, segera dirikan posko kedaruratan dan siapkan kebutuhan logistik,” ungkap orang No.1 di kabupaten 50 Kota itu.
(Jaswit)

To Top