Kaba Terkini

Anggota KSB dan Tukang di Tiku Utara Ikuti Pelatihan

Tiku Utara, KABA12.com — Kelompok Siaga Bencana (KSB) dan para tukang bangunan di Nagari Tiku Utara Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam mengikuti pelatihan Peningkatan Kapasitas Penanggulangan Bencana dan Teknik Mendirikan Bangunan di Daerah Rawan Bencana di aula kantor walinagari setempat, Rabu (14/8).

Acara yang diikuti 22 peserta tersebut berlangsung selama tiga hari (14-16/8/2019), dengan menghadirkan narasumber dari BPBD dan Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Agam.

Wali Nagari Tiku Utara, Amri memberikan apresiasi yang luar biasa atas terselenggaranya acara tersebut.

“Pelatihan ini sangat penting dan diperlukan bagi daerah ini, mengingat wilayah Kecamatan Tanjung Mutiara terutama di nagari Tiku Utara merupakan daerah rawan bencana,” katanya.

Sementara itu, Kepala pelaksana BPBD Agam diwakili Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Yunaidi.S mengatakan, keberadaan KSB di setiap nagari sangat diperlukan, karena sangat membantu BPBD bergerak cepat dalam menanggulangi bencana yang ada di nagari atau jorong tersebut.

“Dalam pelatihan ini, anggota KSB dan para tukang bangunan di nagari Tiku Utara dibekali pengetahuan dan keterampilan khusus mendirikan bangunan aman gempa,” ujar Yunaidi.

Yunaidi berharap agar para tukang bangunan agar bergabung menjadi anggota KSB bagi di nagari maupun jorong.

“Kita berharap para tukang bangunan mau menjadi anggota KSB, keterampilan yang diperolehnya bisa diterapkan dan dikembangkan ditengah-tengah masyarakat,” tutur Yunaidi.

Pada kesempatan itu walinagari Tiku Utara juga menyerahkan bantuan berupa seperangkat alat-alat pertukangan kepada peserta pelatihan.

(Ardi)

To Top