Kaba Agam

Agam Kembali Tuai Prestasi Nasional, Indra Catri Raih Satyalancana Pembangunan

Lubuk Basung, KABA12.com — Kabupaten Agam kembali meraih penghargaan berskala nasional. Tak tanggung-tanggung, dari banyak kepala daerah di Indonesia, bupati Agam H. Indra Catri Dt.Malako nan Putiah merupakan satu-satunya kepala daerah yang meraih penghargaan bergengsi tersebut.

Penghargaan nasiuonal kali ini, diterima bupati Agam H.Indra Catri Dt.Malako nan Putiah dalam bidang koperasi, yakni Satyalancana Pembangunan bidang koperasi yang akan diserahkan langsung presiden Joko Widodo di lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu,(12/07) besok.

Penghargaan khusus dari presiden itu, sebagai wujud kepedulian dan komitmen yang tinggi bupati Agam H.Indra Catri terhadap pembinaan koperasi dan UMKM dibuktikan dari peningkatan dukungan dana dan kualitas kegiatan koperasi dari tahun ke tahun.

Satyalancana Pembangunan itu dikuatkan dengan surat keputusan presiden nomor 61/TK/ Tahun 2017 tanggal 10 Juli 2017, dimana bupati Agam H.Indra Catri disebutkan berhasil membangun perekonomian masyarakat kabupaten Agam dibidang koperasi dan UMKM melalui peningkatan alokasi anggaran setiap tahun.

Selain itu, perhatian dan program yang focus dari Pemkab Agam dengan penerbitan peraturan daerah, penyediaan sarana-prasarana, dan pelatihan bagi pengurus koperasi – pelaku UMKM.

Juga berperan optimal dalam memfasilitasi gerakan koperasi agar mendapatkan penguatan permodalan serta membantu perizinan usaha sehingga mampu meningkatkan pendapatandan kesejahteraan masyarakat.

Penghargaan khusus dari presiden itu dibenarkan Sekab Agam M.Dt.Maruhun dan Kepala Dinas Koperindag-UMKM Aryati, S,Sos,Msi menjawab KABA12.com Selasa,(11/07).

Dijelaskan Aryati, yang sudah berada di Makassar kepada KABA12.com Selasa sore, penghargaan Satyalancana Pembangunan 2017 bidang koperasi itu, wujud pengakuan pemerintah pusat terhadap komitmen dan upaya maksimal yang dilakukan Pemkab Agam dibawah bupati H.Indra Catri dalam mendorong pertumbuhan koperasi dan UMKM selama ini.

Selain beberapa catatan penting ayng disebutkand alam surat keputusan presiden tersebut, terobosan dan prestasi koperasi dan perkembangan UMKM di kabupaten Agam sudah sangat dirasakan masyarakat, sehingga seluruh aktivitas ekonomi masyarakat saat ini dilakukan oleh koperasi dan UMKM.

Ditegaskan Aryati, perkembangan perkoperasian di kabupaten Agam beberapa tahun terakhir sangat menonjol, apalagi keberadaan UMKM yang disupoort Pemkab Agam dalam beragam aktivitas, tak hanya dalam konteks kegiatan usahaa, tapi juga mendorong peran dalam pengembangan dunia pariwisata, penanggulangan bencana, serta bidang pertanian, perkebunan, perikanan.

“ Pemkab Agam, mempriortaskan eksistensi koperasi dan UMKM, dengan pola dan pembinaan yang terarah, sehingga menjadi acuan dalam banyak aspek. Alhamdulillah, hal ini menjadi perhatian khusus pemerintah pusat dan presiden memberi apresiasi dengan penganugerahan gelar kehormatanSatyalancana Pembangunan 2017, “ jelas Aryati lagi.

(Harmen)

To Top