Kaba Terkini

Ada Jembatan Baru di Galapuang, Jalan Lingkar Danau Maninjau Tak Bisa Dilewati

Maninjau, KABA12.com — Jalan lingkar Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam untuk sementara tidak dapat dilewati kendaraan roda empat lantaran adanya pengerjaan pembangunan jembatan di Jorong Galapuang, Nagari Tanjung Sani.

Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin menyebutkan, saat ini jalan lingkar Danau Maninjau dari Nagari Sungai Batang menuju Nagari Tanjuang Sani hanya bisa dilewati kendaraan roda dua, karena adanya proyek pembangunan jembatan di Galapuang sejak sepekan lalu.

“Iya, selama proses pengerjaan pembangunan jembatan Galapuang, kendaraan roda empat tidak bisa melewati jalan lingkar Danau Maninjau. Saat ini, jalan tersebut hanya bisa dilalui sepeda motor, itupun harus melewati jembatan darurat di lokasi,” kata Iptu Akhiruddin saat dikonfirmasi KABA12.com, Jum’at (10/9).

Ia mengatakan, jembatan itu dibangun kembali setelah mengalami rusak akibat dihantam galodo atau longsor pada November 2019 lalu. Selain merusak jembatan, material galodo berupa lumpur dan bebatuan juga mengenai sebuah masjid, MDA, dan sejumlah rumah warga.

“Sebelumnya jembatan itu rusak akibat dihantam galodo pada November 2019. Sehingga saat ini, dilakukan pembongkaran untuk dibangun kembali,” ujarnya.

Ia mengakui, pihak pelaksana proyek juga telah memasang spanduk pemberitahuan di dua titik lokasi, yaitu di Simpang Maninjau dan Simpang Muko-muko. Spanduk pemberitahuan itu bertuliskan tentang adanya pembangunan jembatan di Jorong Galapuang, sehingga untuk sementara jalan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

“Untuk pengerjaan pembangunan jembatan kemungkinan akan memakan waktu sekitar 1 bulan lebih. Jadi dihimbau kepada pengendara roda empat agar mengurungkan niatnya sementara untuk tidak berkeliling Danau Maninjau,” himbau Wakapolsek.

Sementara itu, Pj Walinagari Tanjuang Sani, Arfi menambahkan, pengerjaan pembangunan jembatan di Jorong Galapuang dilaksanakan oleh pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V. Ia berharap agar pengerjaan pembangunan jembatan segera tuntas sesuai target.

“Kita harapkan pengerjaan pembangunan jembatan cepat selesai dan sesuai target, supaya akses jalan masyarakat bisa kembali lancar,” ungkapnya.

(Bryan)

To Top