Kaba Bukittinggi

54 Calon Paskibra Bukittinggi Ikuti Latihan Tahap I

Bukittinggi, KABA12.com — Sebanyak 54 siswa calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengikuti latihan tahap 1 selama enam hari. Pelatihan Paskibraka itu dibuka oleh Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga pada Senin (29/07) di Lapangan Wirabraja Kota Bukittinggi.

Ketua Panitia, Wajidi, mengatakan, latihan tahp I dilaksanakan selama 6 hari mulai 29 Juli sampai dengan 6 Agustus 2019. Menurut Wajidi, sebelum hari ini ada peserta telah melakukan pra latihan untuk membentuk disiplin dan karakter anak yang akan tampil sebagai Paskibraka tahun 2019.

“54 orang peserta yang ikut hari ini telah melalui tahapan yang sangat panjang. Mulai dari seleksi paskibraka dari masing-masing sekolah, awalnya diikuti oleh 280 peserta dari sekolah. Dengan tahapan dan seleksi ketat maka yang hadir hari ini adalah hasil seleksi terbaik. Termasuk 3 siswa yang mewakili ke tingkat propinsi dan telah mengikuti pelatihan untuk mengibarkan bendera di kantor Gubernur Sumbar,” ungkapnya.

Menurut Wajidi, kegiatan ini merupakan agenda penting dalam membentuk dan membina karakter anak dan menumbuh kembangkan rasa cinta dan patriotisme bagi siswa SLTA, SMK dan MAN di Bukittinggi. “Kita tahu latihan akan sangat berat, kami mengharapkan pertimbangan dari sekolah berkaitan dengan proses belajar mengajar siswa tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Bukittinggi, Erwin Umar, mengharapkan, peserta untuk disiplin dan kompak dalam latihan sehingga menjadi Paskibraka kebanggaan sekolah dan keluarga. Karena menurut Erwin Umar, terpilih menjadi anggota Paskibraka akan menjadi kebanggaan dan kesempatan yang patut disyukuri karena menjadi wakil terbaik.

“Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena banyak pengalaman yang bermanfaat bagi kehidupan nanti. Pembentukan karakter watak dan kedisiplinan akan ditempa menjadi Paskibraka terbaik. Bukan hanya melatih fisik baris berbaris tapi menempa mental untuk bersatu dalam mengibarkan bendera Merah Putih,” ungkapnya.

Erwin Umar berharap semua peserta dapat tetap kuat lahir batin baik fisik dan mental.

“Ikuti pelatihan sesuai prosedur dan protap yang ada sehingga dapat bertugas sebagai Paskibraka dengan baik, lancar, aman dan sukses. Semoga dapat memupuk rasa nadionalisme dan patriotisme kepada bangsa dan tanah air,” tegas Erwin Umar

(Ophik)

To Top