Kaba Terkini

32 Rumah Warga Miskin di Koto Malintang Bakal Direhab Tahun Depan

Koto Malintang, kaba12.com — Sebanyak 32 unit rumah masyarakat kurang mampu di Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam bakal direhab pada tahun 2023.

Perbaikan rumah tidak layak huni melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ini diketahui berasal dari dana pokir anggota DPR RI Komisi V, Muhammad Iqbal.

Walinagari Koto Malintang, Naziruddin mengatakan, bantuan rehab rumah program BSPS ini menyasar pada rumah warga miskin yang tidak layak huni. Seperti berlantai tanah, pondasi bangunan tidak kokoh, hingga atap rumah yang bocor.

Ia menyebut, saat pendataan sudah dilakukan oleh tim verifikasi lapangan dari Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III Satuan Kerja Provinsi Sumatera Barat.

“Dari hasil pendataan oleh tim verifikasi lapangan maka ditetapkan 32 unit rumah warga kurang mampu akan direhab pada awal tahun depan,” kata Naziruddin kepada KABA12.com, Selasa (13/12).

Dijelaskan, sebanyak 32 unit rumah yang akan direhab tersebar di seluruh jorong yang ada di Koto Malintang. Rinciannya Jorong Muko-Muko 6 unit, Jorong Tanjung Alai 5 unit, 5 unit di Jorong Pauah Taruko, Jorong Ambacang 6 unit, dan Jorong Rambai 10 unit.

“Setiap penerima akan mendapat bantuan rehab rumah sebesar Rp 20 juta,” ujarnya.

Selain di Koto Malintang, lanjut nya, rehab rumah warga kurang mampu juga dilakukan di seluruh nagari yang ada di Kecamatan Tanjung Raya sesuai dengan kuota dan kriteria.

Pihaknya berterimakasih kepada anggota DPR RI Muhammad Iqbal yang sudah merealisasikan pokirnya untuk rehab rumah di Koto Malintang umumnya di Kecamatan Tanjung Raya pada tahun depan.

“Alhamdulillah, semoga dengan adanya program rehab rumah ini bisa lebih mensejahterakan masyarakat, khususnya dalam meningkatkan kenyamanan keluarga di rumah,” katanya.

(Bryan)

To Top