Kaba Pemko Bukittinggi

Ny. Fiona Resmi Jadi Bunda Literasi Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Ny. Fiona Erman Safar, dilantik jadi bunda literasi Kota Bukittinggi periode 2022-2024.

Fiona dikukuhkan langsung oleh Wali Kota Bukittinggi di balairung rumah dinas wako, Senin (12/12).

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana diamanatkan Undang– undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945, perlu adanya upaya kolektif melalui pembudayaan kegemaran membaca.

Dalam rangka mendukung kegemaran membaca itu, maka perlu partisipasi aktif masyarakat melalui pegiat literasi sehingga tercipta masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan produktif.

“Kami berikan apresiasi pada pegiat literasi. Mereka adalah orang yang memiliki kemampuan literasi yang dipilih sebagai panutan, motivator, inspirator, katalisator dan influencer dalam upaya mempromosikan gemar membaca. Literasi dpat diartikan sebagai kemampuan dan kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan dan gemar membaca adalah sikap, kebiasaan dan tindakan atau perbuatan untuk membaca secara berkelanjutan,” jelasnya.

Orang nomor satu di Bukittinggi mengharapkan, dengan ditunjuknya bunda literasi Kota Bukittinggi yang mempunyai tugas yang mengkampanyekan gerakan nasional gemar membaca di berbagai kalangan melalui berbagai media yang ada di kota Bukittinggi, sebagai figure/role model pembudayaan kegemaran membaca di Kota Bukittinggi, berperan aktif menyukseskan program daerah dalam menumbuhkembangkan kegemaran membaca masyarakat melalui kegiatan pembudayaan membaca masyarakat di Bukittinggi.

“Saya berharap dengan adanya Bunda Literasi, ini guna bisa memberikan arahan, motivasi, serta mendorong bagi peningkatan minat, kegemaran dan budaya baca, sehingga terwujud figure literasi yang berperan sebagai garda terdepan untuk menghidupkan budaya literasi, baik dilingkungan keluarga, pendidikan maupun masyarakat, sehingga tercipta generasi yang cerdas, kreatif dan inovatif untuk menuju Bukittinggi terwujudnya visi dan misi kota Bukittinggi yaitu Bukittinggi Hebat Berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” harapnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi, Drs.Johnni, diwakili Drs. Maswardi, M.Pd, Pustakawan Ahli Muda dan Penggiat Literasi, mengungkapkan, pengukuhan bunda literasi dihadiri olah Kepala SKPD, kepala sekolah TK,SD,SMP se Kota Bukittinggi dan juga masyarakat Kota Bukittinggi.

Sementara itu, Bunda Literasi Bukittinggi, Ny. Fiona, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan padanya di bidang literasi ini. “Tentu kita akan upayakan bersama, bagaimana warga Bukittinggi dapat meningkatan minat, kegemaran dan budaya baca,” ujarnya.

(Harmen/*)

To Top