Kaba Terkini

26 Tahun Ibukota Agam di Lubukbasung. Kemajuan Terus Bertumbuh

Lubukbasung, kaba12.com — Usia ibukota kabupaten Agam di Lubukbasung yang sudah mencapai 26 tahun semakin memperlihatkan geliat yang signifikan.

Geliat kemajuan pembanguna kota ini sangat terasa dalam 4 tahun terakhir memberi bukti, fokus perhatian Pemkab. Agam untuk menjadikan sosok kota maju dengan berbagai sarana yang lengkap, sehingga menjadi kebanggaan seluruh masyarakat kabupaten Agam.

Kemajuan pembangunan di ibukota kabupaten Agam termasuk pondasi menyeluruh yang sudah digaris oleh bupati Agam saat ini, diharapkan bisa memupus dikotomi dan isu Timur-Barat hanya berpotensi merusak kebersamaan dalam masyarakat kabupaten Agam.

Benang merah itu dirangkum kaba12.com, dalam rangkaian upacara peringatan HUT ke-26 Kepindahan Ibukota Kabupaten Agam ke Lubukbasung,Jumat,(19/7).

Bahkan, dalam upacara di halaman kantor bupati Agam yang semarak dengan prosesi tradisi bajamba yang menjadi agenda tahunan tersebut, dengan tegas Bupati Agam Indracatri meminta seluruh masyarakat Agam memupus istilah Agam Barat dan Agam Timur yang hanya akan merusak kebersamaan.

Ditegaskan bupati, Lubukbasung sebagai sentral pemerintahan dan pelayanan terhadap seluruh masyarakat kabupaten Agam harus siap dengan berbagai sarana pendukung yang memadai.

Pemerintah, ulas Indracatri, beberapa tahun terakhir sudah mendorong optimalnya pembangunan berbagai sarana penting, dan meletakkan pondasi rencana pengembangan kota masa depan sesuai dengan rencana tata ruang yang ideal.

Bupati berharap, dengan dorongan kemajuan yang dilalukan saat ini, mestinya semakin memperkokoh komitmen seluruh masyarakat untuk berperan lebih, ” jangan ada lagi dikotomi Timur-Barat yang hanya jadi pemicu kemunduran berpikir, yang dampaknya hanya akan menyebabkan stagnasi kemajuan,” ulasnya.

Bupati Agam itu berharap, seluruh elemen masyarakat kabupaten Agam bisa menjadikan keberagaman kultur dan topografi daerah ini, menjadi satu kesatuan yang padu demi pemerataan pembangunan Kabupaten Agam dimasa mendatang.

Upacara peringatan 26 tahun kepindahan ibukota kabupaten Agam ke Lubukbasung semarak dengan ragam acara menarik, terutama bajamba, dimana ratusan jamba yang dibawa para bundo kanduang Lubukbasung diarak menuju kediaman bupati Agam untuk makan bersama seluruh warga.
HARMEN

To Top