Kaba Terkini

17 Kios Depan Pasar Koto Baru Terbakar

Tanah Datar, KABA12.com — Sebanyak 17 kios terbakar di pasar Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar pada Senin (31/07) sekitar pukul 06.45 WIB ludes terbakar.

Akibat kebakaran hebat tersebut, menyebabkan arus lalulintas dari Bukittinggi – Padang dan sebaliknya macet total.

Pantauan KABA12.com, di lokasi kejadian  kios yang berada di pinggir jalan raya depan pasar Koto Baru tersebut, sebagian besar tinggal puing dan seluruh isi bangunan sudah ludes terbakar.

 Karena susah dilewati kendaraan, pada simpang Padang Luar, Kabupaten Agam sudah dipasang pengumuman pada masyarakat yang menuju Padang agar lewat Malalak.

Namun, kendaraan yang sudah terlanjur melewati jalan tersebut, terjebak macet tortal sejak dari pasar Amor sekitar 1 km bergitu juga dari arah berlawanan. satu buah sepeda motor juga ikut terbakar di warung bakso yang merupakan sumber api. Bahkan pengelola warung bakso sendiri, Anto (32) juga sempat terbakar sebagian kecil pada bagian kepala.

Kebakaran yang terjadi bertepatan dengan hari pasar di Koto Baru bisa dipadamkan sekitar 2 jam kemudian oleh 9 damkar dari Padang Panjang, Tanah Datar, Bukittinggi,. Agam, Padang Pariaman.

Wali Jorong setempat, Jorong Subarang, Armen (41) yang ditemui di lokasi kejadian, menyebutkan kebakaran pertama terjadi di warung bakso karena kompornya meledak. Sebagian besar bangunan yang terbuat dari kayu yang sudah kering, api dengan cepat membesar serta merembet ke bangunan lain yang letaknya berdempetan.

Adapun pemilik kios tersebut, yaitu. Bernes (51), Romi (35), Del (55), Tarso (47), Andre (41), Atik (55), Yon (25), H Burhanuddin (62), Joni (47), Jaswir (52), Bama (55). Dari 11 pemilik ini, ada yang memiliki dua kios serta lebih.

 Selesai proses pemadaman, polisi langsung memberi garis batas polisi (police line) di semua kios yang terbakar.

Walaupun tidak sampai menimbulkan korban jiwa, sesuai data yang ada pada wali jorong setempat, kerugian ditaksir mancapai Rp 1,3 miliar, sebab isi sebagian besar kios tidak bisa diselamatkan.

(Ikhwan)

To Top