Kaba Terkini

136 Warga Binaan Lapas Lubukbasung Terima Remisi HUT RI, 4 Orang Bebas

Lubukbasung, KABA12.com — Sebanyak 136 warga binaan Lapas Klas IIB Lubukbasung Kabupaten Agam mendapatkan pengurangan pidana (remisi) pada peringatan 74 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2019.

Pemberian remisi diserahkan secara simbolis Bupati Agam Indra Catri didampingi Wakil Bupati Trinda Farhan Satria, Kepala Lapas Klas II B Lubukbasung Hendra serta unsur Forkopimda lainnya di lapangan Lapas setempat menjelang pelaksanaan upacara bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74, Sabtu (17/08) pagi.

Kepala Lapas Klas IIB Lubukbasung, Hendra mengatakan remisi diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif terutama yang berkelakuan baik dan aktif mengikuti pembinaan.

Disebutkan, para narapidana menerima Remisi Umum (RU) I sebanyak 132 dan RU II yang langsung bebas sebanyak 4 orang.

“Jumlah warga binaan semuanya 273 orang, akan tetapi yang menuhi syarat untuk mendapatkan remisi hanya 136 orang. Empat orang mendapat RU II akan tetapi satu diantaranya masih subsider,” ujarnya.

Radi menyebutkan besar remisi yang diberikan paling besar selama 3 bulan dan paling rendah 1 bulan, “untuk yang dinyatakan bebas mayoritas yang dapat pidana pendek sekitar 1,5 tahun, mayoritas semuanya terkait kasus kriminalitas seperti pencurian,” sebut Kalapas IIB Lubukbasung.

Salah seorang warga binaan yang menerima remisi hari kemerdekaan RI ke-74 dan langsung dinyatakan bebas, Syafrial (34) merasa bahagia dan senang menerima keputusan tersebut. Mantan napi yang tersandung kasus pencurian itu mengaku kapok dan berjanji tidak akan mengulangi kasus yang serupa lagi.

Tak hanya itu, dia juga memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran petugas Lapas Klas IIB Lubukbasung yang telah memberikan pembinaan kepadanya selama 1,5 tahun mendekam dibalik jeruji besi tahanan.

“Terimakasih kepada seluruh petugas Lapas yang telah memberikan pembinaan kepada kami, baik itu dari segi keagamaan serta dari segi kesenian dan kerajinan tangan menyulam,” ungkapnya bersyukur.

(Jaswit)

To Top