Kaba Bukittinggi

130 Pelajar Bukittinggi Ikut Seleksi MBGJG

Bukittinggi, KABA12.com — Sebanyak 130 orang pelajar SLTP dan SLTA sederajat se-kota Bukittinggi ambil bagian dalam seleksi menjadi pemain Marchingband Gita Jam Gadang (MBGJG) Tahun 2019. Marchingband milik Pemko Bukittinggi melakukan rekrutmen pemain baru sekaligus pembukaan pelatihan marchingbang bagi pelajar se-Bukittinggi yang dilaksanakan di GOR Bermawi, Gulai Bancah Bukittinggi, Minggu (21/07).

Pelaksanaan seleksi berjalan lancar dan nampak antusias diikuti oleh pelajar Bukittinggi yang berasal dari berbagai sekolah SMP, MTsN, SMA, SMK dan MAN dari sekolah negeri maupun swasta di Bukittinggi. Pelaksanaan seleksi dilakukan oleh pelatih yang berasal dari Medan Sumut yang ditunjuk oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Bukittinggi bekerjasama dengan Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Bukittinggi.

Pembukaan seleksi dan pelatihan pemain Marchingband Gita Jam Gadang dilakukan oleh Disparpora Kota Bukittinggi diwakili oleh Kabid Pemuda Olahraga Wajidi dan didampingi Kasi Sarana Prasarana Disparpora Yopi Zulfikar serta dihadiri Ketua Umum PDBI Kota Bukittinggi, M. Nur Idris yang juga pembina Marching Band Gita Jam Gadang Bukittinggi serta orang tua pemain Marchingband MBGJG yang tergabung dalam organisasi Persatuan Orang Tua Anggota (POTA).

Dalam sambutannya Wajidi atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi atas tingginya minat pelajar Bukittinggi untuk mengikuti seleksi menjadi pemain marchingband MBGJG. Ia menyebutkan bahwa ini sebagai bukti MBGJG sudah dikenal oleh kalangan pelajar.

Bahkan Kabid Dispora yang dikenal dengan panggilan Mak Itam ini memberikan motivasi agar peserta yang hadir sekarang bisa menjadi pemain MBGJG yang sudah pernah tampil pada event yang diadakan kota Bukittinggi maupun lomba yang diadakan secara nasional dan internasional yang sudah pernah diikuti MBGJG.

“Atas nama pemerintah daerah kami sampaikan terima kasih dan apresiasi pelaksanaan seleksi ini. Pilihan kalian para pelajar untuk ikut MBGJG sudah tepat. MBGJG ini tidak hanya sekedar latihan musik tapi juga melatih mental disiplin dan kekompakan berteman. MBGJG salah satu kegiatan cabang olahraga yang bermanfaat dan akan terus kita kembangkan. Oleh karena itu ikuti seleksi ini dengan baik dan terpilih nanti saya ucapkan selamat bergabung di MBGJG,” ujar Wajidi.

Sementara itu, Pembina MBGJ M. Nur Idris dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas perhatian pemda yang cukup banyak sejak berdirinya MBGJG tahun 2016 sampai sekarang yang mengadakan pelatihan dan seleksi pemain baru. Oleh karena itu para pemain MBGJG harus bangga menjadi pemain marchingband milik Pemko ini. Ia juga berharap seleksi ini dapat berjalan dengan baik sehingga bisa memilih pemain MBGJG yang akan disiapkan untuk mengisi acara memeriahkan hari kemerdekaan dan lomba yang akan diikuti tahun ini.

Lebih lanjut M. Nur Idris mengatakan bahwa seleksi ini akan dilakukan dengan berbagai materi antara lain, kecakapan baris berbaris, pengetahuan dan keterampilan alat musik serta wawancara sebagai tahapan seleksi akhir. Bagi yang lulus seleksi akan diangkat sebagai pemain MBGJG. Karena peserta tahun ini sangat banyak, maka katanya ia bersama pelatih akan membentuk MBGJG menjadi dua tim yang terdiri tim inti dan yunior (cadet).

“Peminat menjadi pemain MBGJG tahun ini sangat banyak karena itu kami berencana membuat dua tim yang nanti sama-sama menjadi pemain MBGJG. Sehingga untuk tahun depan kita tidak sulit lagi mencari pemain baru karena sudah ada pemain cadet ini,” ujar M. Nur Idris.

(Ophik)

To Top