Kaba Bukittinggi

TP PKK Pererat Koordinasi Tingkatkan Program PHBS dan Posyandu

Bukittinggi, KABA12.com — TP PKK kota Bukittinggi, gelar rapat kesepakatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tahun 2019. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Bukittinggi, di Aula Badan Keuangan, Senin (22/07).

Paulina, Ketua Pokja IV TP PKK Bukittinggi, menyampaikan, kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kes merupakan suatu rangkaian kegiatan keterpanduan dalam rangka menyambut Harganas, hari kesehatan nasional dan hari kesatuan gerak PKK. Tahun sebelumnya, sudah ada kelurahan Belakang Balok dan Puhun Pintu Kabun yang telah mengharukan nama Bukittinggi di tingkat nasional untuk penilaian gerakan PKK.

“Tahun ini kita akan maksimalkan kembali untuk program PHBS dan Posyandu. Karena untuk dua bidang atau dua program ini, Bukittinggi masih belum mendapat hasil maksimal. Karena Kesatuan Gerak PKK KB Kes yang dilaksanakan secara terpadu, perkembangannya menunjukkan banyak pencapaian dan hasilnya pun dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Namun masih memerlukan upaya konkrit untuk peningkatan pencapaian program PKK KB Kesehatan itu, khususnya Program PHBS dan Posyandu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Bukittinggi, Ny. Yesi Ramlan Nurmatias, menyampaikan apresiasi gerakan PKK dan dasawisma setiap kelurahan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dalam rapat ini, nantinya akan disepakati berbagai kegiatan PKK KB Kes, mulai dari kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota.

“Dasar untuk kesejahteraan masyarakat, tentunya dari kesehatan. Untuk itu, perlu kesepakatan setiap anggota dan kader PKK untuk menggerakkan program PKK KB Kes. Ini yang perlu kita sinergikan, agar kesehatan dasar masyarakat dapat terpenuhi dengan baik,” jelasnya.

Tahun lalu, memang Bukittinggi telah banyak meraih penghargaan PKK di berbagai bidang. Kedepan, tentu harus ditingkatkan, agar tidak hanya prestasi dan prestasi yang didapat, namun bagaimana impelementasinya di tengah masyarakat dapat diwujudkan.

“Kita inginkan gerakan PHBS diterapkan di tengah masyarakat. Bukan prestise dan penghargaannya kita kejar. Namun memang lebih kepada membiasakan dan menggerakkan masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat itu. Harus ada kampung KB, harus ada toga dan program lainnya, untuk diunggulkan dari daerah lainnya,” tegas Yesi.

Meskipun saat ini program PKK akan difokuskan kepada PHBS dan Posyandu, namun Ketua TP PKK Bukittinggi, menekankan kepada seluruh kader PKK dan Dasawisma, untuk tetap menjalankan program PKK lainnya dan tidak lupa untuk tertib administrasi.

(Ophik)

To Top