Kaba Terkini

Wujudkan Agroekowisata di Nagari Gadut, PKM Faperta Unand Tanam 100 Bunga Bangkai

Gadut, kaba12.com — Dorong pengembangan kawasan agro ekowisata di Nagari Gadut, kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, para mahasiswa yang tergabung dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Faperta Unand) Padang, gelar penanaman 100 batang bibit pohon Raflesia (bunga bangkai), Sabtu,(14/8).

Penanganan 100 batang bibit bunga bangkai itu, dipusatkan di Jorong PGRM Nagari Gadut, kecamatan Tilatang Kamang, yang dihadiri para mahasiswa, camat Tilatang Kamang Ade Harlien, anggota kelompok kemanusiaan Tilatangkamang (KKT), para anggota kelompok tani, para tokoh masyarakat, jajaran pemerintah nagari dan kecamatan.

Menurut Ade Harlien, camat Tilatang Kamang, penanaman 100 batang pohon Raflesia atau yang lebih dikenal bunga bangkai itu, merupakan tindaklanjut dari penelitian Riyan Budi Setiawan, dosen jurusan BPD Pertanian Unand Padang, yang menyebut kawasan di wilayah Tilatang Kamang ideal dibudidayakan tanaman bunga Raflesia sebagai data tarik wisata di kawasan agro ekowisata itu.

Untuk mendorong hal itu, pihaknya mengapresiasi rencana para mahasiswa dalam program PKM Faperta Unand Padang, yang akan menanami kawasan wisata agroekowisata di Nagari Gaduik dengan tanaman bunga bangkai tersebut.

“ Sesuai hasil penelitian, dalam kurun waktu 4-5 tahun kedepan, bunga bangkai yang ditanam akan berbunga, sehingga akan muncul keindahan tersendiri di kawasan agroekowisata Tilatang Kamang. Bisa dibayangkan, bagaimana nanti, jika 100 bibit bunga bangkai yang ditanam akan berbunga, ini akan luar biasa, “sebut Ade Harlien.

Ade Harlien optimis, penanaman bibit bunga Raflesia itu, akan menjadi potensi tersendiri di kawasan agroekowisata Tilatang Kamang, yang saat ini tengah dikembangkan, bahkan nantinya akan menjadi potensi tersendiri untuk menarik perhatian masyarakat berkunjung.

Selain di jorong PGRM Nagari Gadut, rombongan PKM Faperta Unand, juga melanjutkan penanaman bunga Raflesia di kawasan objek wisata Banto Royo, di jorong Kaluang, Nagari Koto Tangah, yang menjadi salah satu potensi wisata di kecamatan Tilatang Kamang.

HARMEN/SUSI

To Top