Dinas Pertanian Agam

Warga Tiku V Jorong Sulap Lahan Tidak Produktif Jadi Sawah

Agam, KABA12.com — Warga jorong Muaro Putuih, nagari Tiku Limo Jorong, kecamatan Tanjung Mutiara, mampu menyulap lahan tidak produktif disekitaran lahan sawit di daerah tersebut menjadi lahan persawahan.

Weri Ikhwan, salah satu warga setempat yang juga merupakan Kasi Tapem di nagari Tiku Utara, kecamatan Tanjung Mutiara , kabupaten Agam mengatakan, di tahun 2016 masyarakat jorong Muaro Putuih bekerjasama dengan Kodim 0304 Agam, telah berhasil membuka dan mencetak sawah baru seluas 40 hektar.

“Sejak dunia ada, di Tiku Limo Jorong baru sekarang ada sawah, karena daerahnya di dominasi lahan sawit,” ujarnya pada KABA12.com, Minggu (27/08).

Pembukaan lahan baru persawahan di Tiku Limo Jorong mendapat sambutan baik dari warga setempat. Karena disamping cetak sawah, warga setempat juga di programkan untuk penanaman tanaman pekarangan seperti buah alpokat, jengkol dan nangka, “kami sangat senang karena warga juga sangat membutuhkan lahan sawah dan hasil pertanian yang melimpah,” sebut Weri.

Hal senada juga diutarakan Kepala Dinas Pertanian kabupaten Agam, Afdhal saat dikonfirmasi KABA12.com. Ia mengatakan, di tahun 2016 lalu, Agam sudah mencetak lahan sawah seluas 59 hektar,  19 hektar berlokasi di Siguhung dan 40 hektar berada di Tiku Limo Jorong.

Sementara, untuk di tahun 2017, Agam terima program cetak sawah seluas 71 hektar, “kegiatan ini diswakelolakan dengan pihak TNI, lokasinya di jorong Muaro Putuih, nagari Tiku Limo Jorong, kecamatan Tanjung Mutiara,” jelas Afdhal.

Dengan mengintensifkan menanam padi di lahan yang ada, diharapkan mampu menunjang program nasional pemerintah Republik Indonesia dalam mencapai swasembada pangan.

(Jaswit)

To Top