Kaba Terkini

Warga Paninjauan Gelar Goro Massal Bersihkan Bahu Jalan

Paninjauan, KABA12.com — Puluhan warga Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mengadakan gotong royong massal pembersihan bahu jalan di nagari tersebut, Rabu (4/1).

Aksi gotong royong yang diikuti oleh sejumlah unsur seperti perangkat nagari, tokoh masyarakat, pemuda, dan mahasiswa KKN UGM itu bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah maupun semak belukar.

Sekretaris Nagari Paninjauan, Dedi Andriano mengatakan, kegiatan gotong royong yang digelar pada awal tahun 2023 ini merupakan upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan masyarakat.

Ia menyebut, goro itu dilaksanakan di sepanjang jalan di Jorong Paninjauan hingga Jorong Cicawan.

“Goro dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan agar kebersihannya selalu terjaga, sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” ujarnya kepada KABA12.com.

Ia menambahkan, pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan mengadakan gotong royong secara rutin.

“Mari kita jaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan selalu membersihkan pekarangan rumah agar terhindar dari penyakit,” sebutnya.

Selain melakukan aksi pembersihan bahu jalan, warga juga menambal lubang pada badan jalan menggunakan tanah timbunan. Penambalan itu merupakan penanganan sementara demi keselamatan pengendara menjelang dilaksanakannya pengaspalan jalan.

“Jalan yang berlubang di tambal dengan tanah timbunan untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara,” katanya.

Ia menambahkan, pengaspalan jalan di Nagari Paninjauan itu direncanakan akan dimulai pada tahun ini.

“Insyaallah, pengaspalan jalan dilaksanakan tahun ini oleh Pemkab Agam. Sekarang prosesnya masih dalam pengajuan proposal. Semoga cepat terealisasi,” jelasnya.

(Bryan)

To Top