Kaba Terkini

Warga Aur Serumpun Biasakan Tahfidz Alquran Sebelum Tarawih

Tanahdatar, KABA12.com — Hari ini, Sabtu (27/05)  malam kedua ibadah sholat tarawih di bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah.

Berbeda dari malam tarawih tahun sebelumnya, pada tahun 2017 Pemkab. Tanahdatar mengeluarkan aturan baru  menyemarakkan pelaksanaan ibadah tarawih. Salah satunya dengan membiasakan tahfidz Al Quran sebelum ceramah agama.

Adanya aturan baru dari Bagian Kesra Pemkab Tanahdatar itu disambut baik warga jorong Aur Sarumpun nagari III Koto, kecamatan Rambatan.

Seperti diungkapkan Salman Jufri pengerus masjid Nurul Yaqin di daerah itu.Disebutkan aturan itu memberi dampak positif.

“Antusias masyarakat meningkat karena ada  hal baru dalam pelaksanaan tarawih,” ujarnya.

Dijelaskan Salman, selain membiasakan tahfidz Al Quran sebelum penyampaian ceramah agama, aturan baru juga dikeluarkan Pemkab Tanah Datar itu seperti, materi ceramah agama yang disampaikan penceramah, diseragamkan setiap malamnya.

“Biasanya judul ceramah masing-masing penceramah itu beragam, tapi tahun ini diseragamkan oleh pemerintah, itu antisipasi agar tidak ada materi yang diulang-ulang, agar jamaah bertambah wawasannya,” ujar Salman yang juga guru TPA tersebut.

Kemudian, bagi siswa yang mencatat kegiatan amaliyah tidak lagi ditandatangani oleh penceramah setelah sholat tarawih, melainkan ditandatangani oleh pengurus masjid setelah melaksanakan sholat subuh.

“Ini sangat bagus, jadi masjid selalu ramai, terutama saat sholat subuh, karena anak-anak secara langsung harus datang ke masjid untuk mendapatkan tandatangan,” ujarnya.

Salman menyebutkan akan senantiasa mendukung setiap program pemerintah, terutama dalam  meningkatkan keagamaan.

(Jaswit)

To Top