Kaba Terkini

Warga Agam Dihimbau Waspada, Dampak Hidrometeorologi Mengancam

Ilustrasi

Lubukbasung, kaba12.com — Warga kabupaten Agam dihimbau untuk mewaspadai dampak kondisi cuaca hidrometeorologi menyusul cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi disertai angin kencang yang beberapa hari belakangan kerap terjadi.

Bahkan, dampak cuaca ekstrem dengan pola curah hujan yang ekstrem itu, dikuatirkan akan memicu dampak buruk terjadi masyarakat, terutama ancaman banjir bandang, pohon tumbang, genangan air, longsor dan ancaman lain, yang rentan terjadi di wilayah kabupaten Agam.

Untuk mengurangi risiko bencana, diharapkan seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan seluruh jajaran terkait dengan penanganan pasca bencana di kabupaten Agam untuk meningkatkan kesiapsiagaan, dengan bergerak cepat, berkoordinasi dan menekan risiko dampak terhadap masyarakat.

Hal itu diingatkan M.Dt.Maruhun, Sekab.Agam selalu kepala BPBD Agam menyikapi perkembangan kondisi cuaca ekstrem yang beberapa hari belakangan melanda wilayah kabupaten Agam, termasuk prakiraan BKMG terkait dengan dampak kondisi cuaca hidrometeorologi dengan curah hujan tinggi dalam sepekan kedepan.

Diakui M.Dt.Maruhun, wilayah kabupaten Agam yang luas, dengan ragam potensi yang dimiliki menjadi perhatian khusus banyak pihak jika kondisi cuaca mengalami perubahan, apalagi jika curah hujan tinggi, karena mayoritas wilayah kabupaten Agam dikenal rawan longsor, banjir, dan ancaman pohon tumbang.

Disebutkan Sekab.Agam itu, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat bersama seluruh unsur terkait dalam pemerintahan, menjadi factor penting dalam upaya menekan dampak yang berpotensi muncul jika terhadap hal-hal yang merugikan masyarakat, termasuk kalangan nelayan, “ kita himbau masyarakat untuk lebih waspada, “ harapnya.

Sementara pantauan kaba12.com, dampak curah hujan tinggi beberapa hari terakhir, kembali memicu serangkaian dampak, tidak hanya banyak pohon tumbang, banjir dan genangan air di berbagai lokasi yang menjadi sentral aktifitas warga, termasuk dampak lain.

HARMEN

To Top