Kaba Bukittinggi

Wako Minta Pembangunan Masjid Tabligiyah Garegeh Dimaksimalkan

Bukittinggi, KABA12.com — Walikota Bukittinggi meminta kepada panitia pelaksana Pembangunan Masjid Tablighiyah, Garegeh, kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) ,untuk memaksimalkan pekerjaan pembangunan. Sehingga setelah selesainya nanti, Masjid itu akan menjadi Ikon kota Bukittinggi.

Permintaan itu disampaikan Walikota Ramlan Nurmatias saat meninjau pelaksanaan pembangunan Masjid Tablighiyah, Garegeh bersama camat MKS dan Lurah Garegeh, Minggu (30/06).

“Masjid Tablighiyah kehadirannya diharapkan betul betul mencerminkan sebuah rumah ibadah yang refresentatif dan memiliki ciri khas tersendiri. Apalagi Masjid Tablighiyah ini berada dipintu gerbang masuk kota Bukittinggi dari Arah Timur, jelas menjadi perhatian dan kesan pertama pagi pengunjung kota Bukittinggi. Sehingga kalau Masjid Tablighiyah ini memiliki ciri khas tersendiri, tentu menjadi Ikon Kota Bukittinggi,” ujar Ramlan.

Sementara itu, Panitia Pembangunan Masjid Tablighiyah Garegeh, Dedi Fatria yang juga anggota DPRD Kota Bukittinggi menyebutkan, saat ini Pembangunan masjid Tablighiyah sudah mencapai 10 sampai 20 Persen dan telah menghabiskan biaya Rp 2,5 Miliar lebih.

“Biaya sebesar Rp.2,5 Miliar itu berasal dari APBD Kota Bukittinggi tahun 2018 sebesar Rp 450 juta melalui Pokir anggota DPRD, atas nama Jusra Adek (Golkar) sebesar Rp.200 juta, Dedi Fatria (PPP) sebesar Rp 200 juta dan atas nama Ibnu Asis (PKS) sebesar Rp 50 juta. Selebihnya berasal dari bantuan masyarakat,” jelasnya.

Kemudian, untuk tahun 2020, panitia pembangunan masjid Tablighiyah mendapatkan bantuan dari Pemko Bukittinggi sebesar Rp 2,5 Miliar, dengan rincian dari Hibah Pemko Bukittinggi sebesar Rp 1 Miliar dan melalui Pokir anggota DPRD, Jusra Adek sebesar Rp 700 juta dan Dedi Fatria Rp 800 juta.

“Disamping itu tentu kita harapkan bantuan dan sumbangan dari para donatur dan masyarakat lainnya, sebab cukup banyak biaya yang dibutuhkan dalam Pembangunan masjid ini,” tutup Dedi Fatria.

(Ophik)

To Top