Kaba Kuliner

Wajik Ketan Khas Ranah Minang

Foto: cookpad.com

Wajik adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan yang dikukus dan direbus bersama dengan larutan gula merah dan santan. Cemilan yang familiar dengan sebutan wajik di daratan pulau jawa ini juga memiliki nama lain yaitu pulut manis yang dikenal oleh warga pulau sumatera sebagai ketan wajik. Wajik sendiri sebenarnya tidak hanya terbuat dari beras ketan saja tetapi ada juga yang dibuat dari bahan dasar lain seperti parutan kelapa.

Nah, jika anda ingin menikmati manisnya Wajik Ketan Sederhana, anda dapat mencoba membuatnya di rumah dengan mengikuti langkah pembuatan wajik ketan enak, sederhana seperti yang satu ini. Yuk simak cara pembuatannya berikut ini:

Bahan :

400 gr ketan putih (bersihkan)

25 cc air panas

250 cc santan kelapa kental

¼ kg gula merah (sisir)

3 helai daun pandan

½ sendok teh garam

Langkah Mudah Membuat Cemilan Wajik Sederhana :

Cuci bersih beras ketan dan tiriskan sejenak lalu masukkan ke dalam pengukusan. Tunggu hingga 15 menit lamanya lalu siram beras ketan dalam pengukusan menggunakan air panas dan diamkan kembali hingga 15 menit kemudian.

Sementara menunggu beras ketan selesai dikukus, siapkan sisiran halus gula merah dan santan kemudian larutkan. Tuangkan larutan gula merah dan santan ke dalam panci lalu didihkan bersama dengan tambahan garam dan daun pandan. Aduk-aduk agar merata dan santan tidak pecah. Setelah campuran santan yang direbus mendidih dan matang, kemudian tambahkan dengan beras ketan yang telah selesai dikukus tadi. Aduk merata dan terus diaduk berulang-ulang hingga campuran santannya menyusut hingga menjadi wajik.

Gunakan api kecil agar tidak gosong. Siapkan loyang cetakan bundar lalu beri alas daun pisang dan tuangkan wajik ke dalam wadah yang sudah disiapkan tersebut. Rapihkan dan biarkan wajik menjadi dingin lalu potong dengan ukuran sesuai selera. Cemilan tradisional manis wajik dari beras ketan ini sudah dapat anda hadirkan sebagai suguhan enak sederhana di meja tamu keluarga anda.

(Sumber: resepmasakpadang1.blogspot.com)

To Top