SMKN 2 LUBAS

UNP Jadi Pendamping SMK-PK, SMKN 2 Lubuk Basung Siap Jadi Sekolah BLUD

Lubukbasung, kaba12.com — SMKN 2 Lubukbasung sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) di Sumater Barat, intensif lakukan persiapan termasuk menyusun berbagai program strategis dalam merealisasi-kan tuntutan peningkatan mutu, sebagai sekolah yang menjalankan sistim Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Dalam beberap bulan belakangan, program SMK-PK menjadi agenda prioritas yang dilakukan SMKN 2 Lubukbasung, dengan menggelar berbagai pelatihan, pembinaan dan mengikuti studi tiru ke berbagai propinsi di Indonesia, termasuk program pendampingan yang secara khusus dilakikan Universitas Negeri Padang (UNP).

Seperti pertemuan khusus Dr.H.Sukardi,MT dari UNP selaku pendamping pelaksanaan SMK PK 2022, yang menggelar pertemuan khusus dengan jajaran SMKN 2 Lubukbasung di Sungai Jariang, Selasa, (22/11).

Pertemuan yang dihadiri Daflis Eka Putra, Kepala SMKN 2 Lubukbasung, didampingi para wakil kepala sekolah, Ketua Program Keahlian dan guru kejuruan yang tergabung dalam tim pelaksana program SMK-PK yang juga tim pelaksana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMKN 2 Lubukbasung.

Dalam pertemuan tersebut, Dr.H.Sukardi,MT menjelaskan, pendampingan SMK-PK dilakukan oleh UNP bertujuan mendampingi SMKN 2 Lubukbasung dalam melaksanakan semua program SMK-PK Tahun 2022, termasuk untik memastikan semua program dilaksanakan dengan benar dan tepat agar mencapai hasil yang lebih baik.

Dalam diskusi tersebut, dibahas penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menjamin sistem manajemen mutu sekolah dapat berjalan dengan baik dan lancar. “ SOP menjadi panduan dalam menjalankan semua aktifitas sekolah, dalam menjalankan Unit Usaha Teaching Factory masing-masing Program Keahlian, “ jelas Sukardi.

Disebutkan, SMKN 2 Lubukbasung, yang menuju sekolah dengan penerapan BLUD Badan maka SOP menjadi hal utama yang harus ada dan jelas. Berikutnya SOP yang telah disusun, ulasnya, diharapkan disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah agar dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah, bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam diskusi tersebut, Dr. Sukardi juga memberi motivasi pada tim SMKN 2 Lubukbasung agar tahun 2023, mengajukan kembali sebagai SMK-PK, pada program pemadanan dengan Industri.

Sementara menurut Daflis Eka Putra, Kepala SMKN 2 Lubuikbasung, saat ini sekolah yang dipimpinnya memiliki 6 program keahlian yakni Teknik Ketenagalistrikan (TKL), Teknik Konstruksi dan Perumahan (TKP), Teknik Otomotif (TO), Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT), Agribisnis Tanaman (AT), dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) yang masing-masing memiliki Teaching Factory atau unit usaha yang sudah layak untuk dikembangkan, “ sangat wajar, bahkan kita siap menjadi sekolah BLUD,” tegasnya.

HARMEN

To Top