Kaba Bukittinggi

Tiga Calon Sekwan Ikuti Job-Fit

Bukittinggi, KABA12.com — Tiga kandidat Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Bukittinggi telah selesai mengikuti “Job-fit” atau uji kompetensi oleh DPRD Bukittinggi. Kegiatan ini berlangsung di ruang Ketua DPRD Bukittinggi, Selasa (15/10).

Wakil ketua DPRD Bukittinggi, Nur Hasra, menjelaskan, DPRD Bukittinggi mengadakan Job-fit terhadap 3 kandidat Sekwan yang diajukan Walikota Bukittinggi. Tiga calon sekwan itu,, Noverdi (Asisten I/PLT Sekwan), Erwin Umar (Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga) dan Melfi Abra (Kadis Pendidikan dan Kebudayaan).

“Ketiganya menyampaikan visi dan misinya dihadapan anggota dewan secara bergiliran. Setelah penyampaian Visi dan misi dilakukan tanya jawab antara kandidat dengan para anggota dewan. Kegiatan ini, dihadiri seluruh anggota dewan, kecuali anggota dari partai Gerindra yang tengah ke Jakarta memenuhi undangan DPP partainya,” jelasnya.

Menurut Nur Hasra, diadakannya Job-fit atau uji kompetensi bagi kandidat Sekwan ini, agar Sekwan nantinya betul betul tahu dan mengerti dengan tugas tugas kedewanan dan mampu memfasilitasi DPRD dengan Pemko Bukittinggi. “Disamping itu seorang Sekwan harus mampu mensinkronisasikan jajaran Sekretariat DPRD, mampu mengkomunikasikan produk dewan ke publik secara baik melalui pers, sehingga terbangun citra baik DPRD,” ujar Nur Hasra.

Kemudian, lanjutnya, seorang Sekwan, juga harus menguasai administrasi dan anggaran, sehingga tidak ada yang terjerat dengan persoalan hukum, baik anggota dewan maupun sekretariat DPRD.

Karena, sekwan secara administrasi bertanggung jawab kepada Walikota dan secara operasional bertanggungjawab kepada pimpinan Dewan.

Setelah menjalani Job-fit ini, untuk keputusannya akan diambil melalui pandangan masing masing fraksi. Apabila menemui jalan buntu dengan Fraksi, maka akan dikembalikan kepada anggota dewan.

“Apabila anggota dewan menilai ketiga kandidat Sekwan tidak memenuhi syarat yang diharapkan, maka dimungkinkan nama nama itu dikembalikan kepada Walikota dan diminta Walikota untuk mengusulkan tiga nama baru. Namun kita berharap tiga nama itu mengerucut menjadi satu nama untuk ditetapkan menjadi Sekwan. Job-fit ini diadakan untuk memilih Sekwan yang sesuai kemampuannya. Tidak ada unsur suka atau tidak sukanya,” jelas politisi dari PKS itu.

(Ophik)

To Top