Kaba Terkini

Teh Hijau Bermanfaat Untuk Organ Hati

Life, KABA12.com — Teh hijau salah satu teh yang berasal dari China yang sangat populer. Minuman ini kaya dengan antioksidan yang sering ditemukan pada obat herbal dan suplemen diet.

 Bahkan saat ini tak hanya di toko obat herbal saja, berbagai makanan yang dijual bebas pun banyak menggunakan teh hijau.

Namun, banyak dari masyarakat tidak mengetahui khasiat dari teh hijau ini. Minuman ini ternyata sangat  baik untuk organ hati.

Hati merupakan suatu organ yang sangat penting dalam tubuh dan terletak pada bagian bawah tulang rusuk kanan Anda.

Beberapa tugas penting organ hati adalah melawan infeksi, membuang racun, pembekuan darah. Organ ini juga merupakan satu-satunya organ yang dapat beregenerasi sendiri.

Nah, teh hijau dikenal kaya akan antioksidan katekin. Antioksidan ini dapat mencegah sendiri dapat memperlambat bahkan menghentikan proses oksidasi di dalam tubuh.

Proses oksidasi adalah proses kimia yang terjadi dalam tubuh dan menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat merusak sel dalam tubuh dan menyebabkan peradangan.

ROS (reactive oxygen species) adalah salah satu jenis radikal bebas yang dihasilkan dari metabolisme oksigen. Hati adalah organ utama yang diserang oleh ROS. Tubuh manusia secara natural juga memproduksi antioksidan untuk melawan radikal bebas termasuk ROS.

Seringkali, jumlah antioksidan yang diproduksi tubuh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah radikal bebas. Radikal bebas terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pada keseimbangan tubuh terutama untuk organ hati. Karena itu, dibutuhkan antioksidan tambahan dari luar tubuh untuk membersihkan radikal bebas di dalam peredaran darah.

Kandungan zat antioksidan (katekin) pada teh hijau sudah terbukti membantu fungsi hati dan menjaga hati dari kerusakan bahan beracun seperti alkohol. Antioksidan tersebut, juga melindungi kerusakan sel hati oleh ROS dan radikal bebas lainnya.

Studi membuktikan bahwa minum teh hijau setiap hari akan menghambat jumlah lemak yang tersimpan di hati tikus yang obesitas dengan penyakit hati berlemak yang parah. Selain itu ditemukan pula perbaikan fungsi hati.

Karena itu, minum teh hijau secara rutin untuk menghambat penyerapan lemak atau meningkatkan kecepatan agar lemak digunakan sebagai energi atau menghambat pembentukan lemak di hati. Sayangi organ hati Anda sejak dini agar tidak terkena penyakit serius di kemudian hari.

sumber:klikdokter

(Tim Liputan)

To Top