Kaba Terkini

Sukses Gelar Pagelaran Seni dan UMKM, Camat Tanjung Raya Apresiasi HMKK

Maninjau, KABA12.com — Acara Pagelaran Seni Budaya dan UMKM Salingka Danau Maninjau yang digelar di Pasar Raba’a, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam telah sukses dilaksanakan.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari 29-30 Januari 2022 itu disambut baik masyarakat serta mendapat apresiasi dari banyak pihak. Hal ini dikarenakan rangkaian acara diisi dengan berbagai macam penampilan atraksi kesenian tradisional Minangkabau dan pameran UMKM.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengaku bangga atas terselenggaranya acara tersebut. Menurutnya kesuksesan acara itu digelar berkat kegigihan dari mahasiswa yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Nagari Koto Kaciak (HMKK) serta dukungan dari seluruh pihak terkait mulai dari pemuda, pemerintah nagari, pemerintah daerah, dan lembaga lainnya.

“Alhamdulillah acara pagelaran seni budaya dan UMKM selesai dilaksanakan pada Minggu malam kemarin. Kami dari kecamatan tentu sangat mengapresiasi kerja keras dan kekompakan HMKK serta panitia sehingga acara tersebut berjalan sukses,” kata Handria Asmi kepada KABA12.com, Rabu (2/2).

Ia menambahkan, pagelaran tersebut diharapkan menjadi agenda tahunan, seperti halnya Festival Rinuak yang diselenggarakan tiap tahun di Nagari Sungai Batang.

“Kami berharap acara ini digelar setiap tahunnya guna mengangkat potensi seni budaya, UMKM, dan kearifan lokal yang ada di nagari,” ungkapnya.

Secara khusus, ia juga beri apresiasi terhadap mahasiswa tersebut sebab walaupun sedang menjalani pendidikan di perguruan tinggi, mereka masih bisa mengangkat nilai seni budaya dan UMKM di Kecamatan Tanjung Raya melalui acara pagelaran itu.

“Disamping itu, kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pelaku seni dan UMKM yang telah ikut hadir berpartisipasi mendukung acara itu, sehingga ini menjadi momen terbaik untuk melestarikan seluruh potensi di masing-masing nagari,” ujarnya.

Menurut Camat terbaik I tingkat Sumbar tahun 2018 itu, Kecamatan Tanjung Raya memiliki segudang potensi seni budaya dan UMKM ekonomi kreatif yang perlu di optimalkan. Misalnya tambua tansa, tambua pupuik, silek, lukah gilo, hingga olahan makanan khas Danau Maninjau seperti peyek rinuak, palai rinuak, serundeng rinuak, dan sebagainya.

“Jika seluruh potensi itu dikelola dengan baik dan maksimal maka akan meningkatkan harkat Kecamatan Tanjung Raya kedepannya,” ulasnya lagi.

Disisi lain Handria Asmi juga mengharapkan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan potensi yang dimiliki, serta menjalin relasi yang baik dengan banyak orang.

“Silahkan merantau ke negeri orang untuk belajar dan menuntut ilmu setinggi-tingginya, tapi jangan pernah lupakan adat istiadat dan seni budaya yang ada di kampung halaman,” jelasnya

(Bryan)

To Top