SMKN 2 LUBAS

SMKN 2 Lubukbasung Siap Terapkan BLUD, Ragam Potensi Siswa Makin Berkembang

Lubukbasung, kaba12.com — SMKN 2 Lubukbasung diyakinkan siap menerapkan sistim kegiatan mandiri pola BLUD, mengingat semakin banyaknya potensi dan peluang usaha yang saat ini digarap di sekolah tersebut.

Pengelolaan BLUD sangat menjanjikan, tidak hanya berpotensi untuk pembiayaan mandiri bagi sekolah dan para siswa, tapi juga melatih para siswa untuk membangun peluang kemandirian dalam bidang usaha yang sasarannya untuk masa depan para siswa.

Sistim pengelolaan kegiatan usaha pola BLUD di SMKN 2 Lubukbasung sendiri, diyakini akan menjadi salah satu peluang dalam pembiayaan kegiatan bagi sekolah, sekaligus akan berdampak positifbagi para siswa, khususnya dalam membiayai kegiatan pendidikannya sendiri, karena para siswa sudah berperan dalam usaha sesuai bidang yang dipelajarinya di sekolah.

Hal itu disebutkan Drs.Azwar, Wakil Kepala Bidang Humas SMKN 2 Lubukbasung yang disiapkan jadi motor lahirnya BLUD di SMKN 2 Lubukbasung bersama para unsur pimpinan di sekolah kejuruan pusat keunggulan di sekolah itu.

Dijelaskan Azwar, BLUD bagi SMKN 2 Lubukbasung, belajar pada SMK lain di Sumbar yang sudah lebih dulu menerapkan sistim pengelolaan keuangan dan usaha pola BLUD tersebut, sudah sangat memungkinkan, bahkan sudah menjadi sebuah kebutuhan, mengingat sudah semakin tingginya potensi yang bisa dikembangkan bahkan kini sudah berbagai bagi.

Seperti halnya, usaha perbengkelan dibawah jurusan tekhnik otomotif, usaha perkebunan, usaha kuliner dan tata boga, dan peluang lain yang diyakinkan, akan menjadi salah satu kekuatan unggulan yang diharapkan bisa memberi warna lebih bagi sekolah untuk bergerak lebih maju.

Ditambahkan Azwar, pihaknya sesuai dengan dorongan yang dilakukan kepala sekolah, saat ini dituntut untuk membangu kemandirian sejak dini, termasuk bisa mengelola berbagai bidang usaha yang dikembangkan masing-masing jurusan yang notabone-nya akan memberi dampak ekonomi sekaligus membuka lapangan usaha bagi para siswa sendiri.

“ Kita optimis, jika BLUD di SMKN 2 Lubukbasung disetujui, akan semakin banyak potensi usaha yang bisa dikembangkan, bahkan bisa membangun kemandirian sekolah. Kita tengah membahas dan mempelajari hal itu, dan diharapkan bisa disetujui, karena bersama banyak pihak, banyak hal yang bisa dikerjakan, dan dijadikan kegiatan usaha untuk penyiapan masa depan para siswa, “ sebutnya optimis.

HARMEN

To Top