Kaba Pasaman

SMA Negeri 1 Bonjol Wakil SSK Sumbar ke Tingkat Nasional

Pasaman, kaba12.com — SMAN 1 Bonjol, Pasaman raih juara pertama lomba Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Tingkat SLTA/sederajat se Sumatera Barat, sesuai surat keputusan BKKBN Sumbar nomor 7082/PD.04/J2/2022 dan mewakili Sumatera Barat ke Tingkat Nasional dalam event serupa

Hal itu dijelaskan Mardanis Darasan, S.Pd, Kepala SMAN 1 Bonjol kepada Pers Rabu, (19/10) yang menyebut, Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran.

Ditambahkan, di sekolah terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan Generasi Berencana (Genre), dan agar guru dan peserta didik dapat memahami masalah kependudukan.

Disebutkan, guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. Terutama materi kependudukan KB dan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Pencegahan Perkawinan Usia Dini (PPUD), Pendewasaan Usia Perkawinan (PUD) dan kesadaran peran penting Sekolah Siaga Kependudukan untuk remaja.

Mardanis Darasan menyebutkan, dengan kondisi sarana yang minim, namun dengan motivasi yang luar biasa dari berbagai pihak, didukung kreatifitas dan kerjasama guru dan semangat siswa/siswi melaksanakan program SSK ini, “ Alhamdulillah, SMA Negeri Bonjol unggul se Sumatera Barat, “ ujarnya.

Capaian SMAN 1 Bonjol ini, ulas Mardanis, menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk melaksanakan program Sekolah Siaga Kependudukan dalam mendukung program pemerintah mengendalikan pertumbuhan penduduk, seperti program Keluarga Berencana, termasuk menjadi bonus demo dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045.

HARMEN

To Top