Kaba Terkini

Silaturrahmi Akbar KBRC Tanjung Mutiara Semarak, Ratusan “Dunsanak” Banjiri Cacang Tinggi

Tiku, kaba12.com — Silaturrahmi akbar dalam rangkaian pengukuhan pengurus Keluarga Besar Rang Caniago (KBRC) Kecamatan Tanjung Mutiara berlangsung semarak. Ratusan dunsanak kaum suku Caniago dari berbagai wilayah di kabupaten Agam, propinsi Sumbar bahkan dari Malaysia membanjir lokasi acara Minggu, (15/1) di Bukik Tarok, Cacang Tinggi, Nagari Tiku Utara, kecamatan Tanjung Mutiara.

Acara yang dihadiri para tokoh penting KBRC se Sumbar itu, dihadiri ketua umum DPP KBRC Indonesia Ediriando, Irwan Fikri, wakil bupati Agam, Marga Indra Putra Wakil Ketua DPRD Agam, tokoh ninik mamak kharismatik yang juga budayawan Minangkabau Yus Dt.Parpatiah, para ninik mamak kaum suku Caniago dari berbagai kecamatan bersama para bundo kanduang.

Semarak silaturrahmi akbar rang Caniago Tanjung Mutiara yang mendapat respon luar biasa dari berbagai kalangan ini, dijadualkan berlangsung hingga Minggu malam, dengan prosesi adat bajamba sebagai wujud syukur dengan makan bersama seluruh dunsanak Minggu siang ini, yang disemarakkan dengan prosesi penyambutan tambua tansa, tari pasambahan, tari galombang dan iring-iringan jamba yang dibawa para bundo kanduang.

Menurut Herliza, ketua KBRC Tanjung Mutiara yang dikukuhkan Minggu, (15/1), silaturrahmi akbar yang digelar, sepenuhnya sebagai bagian dari kegiatan kebersamaan yang sejak lama sudah diagendakan oleh kaum suku Caniago Tanjung Mutiara yang baru terealisasi saat ini.

Disebutkan, pihaknya sangat mengapresiasi karena kegiatan yang digelar mendapat respon dan sambutan hangat dari banyak pihak, terutama dari keluarga besar kaum suku Caniago dari berbagai daerah di Sumbar khususnya di kabupaten Agam.

“ Kita berharap, dengan kegiatan yang digelar semakin memperkokoh silaturrahmi dan kebersamaan antar sesama anak-kemenakan kaum suku Caniago yang tersebar di berbagai belahan dunia, “ sebut Reza lagi.

Prosesi silaturrahmi akbar yang berlangsung sejak Minggu pagi itu, semarak dengan rangkaian beragam kegiatan yang diisi dengan berbagai acara kesenian hingga Minggu malam.

HARMEN

To Top